Pengaruh pemahaman agama dan sikap sosial keagamaan terhadap kemampuan adaptasi sosial santri pondok pesantren Daarun Najaah Jerakah Tugu Semarang

Azwar, Ujang (2020) Pengaruh pemahaman agama dan sikap sosial keagamaan terhadap kemampuan adaptasi sosial santri pondok pesantren Daarun Najaah Jerakah Tugu Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016032_UJANG_AZWAR]
Preview
Text (SKRIPSI_1603016032_UJANG_AZWAR)
1603016032_Ujang Azwar_Full Skripsi - Ujang Azwar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh pemahaman agama dan sikap sosial keagamaan terhadap kemampuan adaptasi sosial santri pondok pesantren Daarun Najaah Jerakah Tugu Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pemahaman agama (X1) terhadap kemampuan adaptasi sosial santri (Y); (2) pengaruh sikap sosial keagamaan (X2) terhadap kemampuan adaptasi sosial santri (Y); dan (3) pengaruh pemahaman agama (X1) dan sikap sosial keagamaan (X2) terhadap terhadap kemampuan adaptasi sosial (Y) santri pondok pesantren Daarun Najaah Jerakah Tugu Semarang.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dihitung menggunakan cara statistik inferensial, yaitu penggunaan sampel yang hasilnya kemudian digeneralisasikan ke dalam populasi tersebut. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 71 santri yang diambil secara acak dari populasi (245 santri) pondok pesantren Daarun Najaah Jerakah Tugu Semarang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes, angket dan dokumentasi. Kemudian hasil dari data tersebut diolah dan dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara pemahaman agama (X1) terhadap kemampuan adaptasi sosial (Y) santri pondok pesantren Daarun Najaah Jerakah Tugu Semarang. Hal itu diterangkan oleh nilai R2 (R-Square) sebesar 0,3%, tanda positif pada koefisien regresi dan nilai Fhitung yang lebih kecil dari nilai Ftabel (Fhitung = 0,20 < Ftabel (0,05; 1,69) = 3,98); (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap sosial keagamaan (X2) terhadap kemampuan adaptasi sosial (Y) santri pondok pesantren Daarun Najaah Jerakah Tugu Semarang. Hal itu diterangkan oleh nilai R2 (R-Square) sebesar 45%, tanda positif pada koefisien regresi dan nilai Fhitung yang lebih besar dari nilai Ftabel (Fhitung = 56,46 > Ftabel (0,05; 1,69) = 3,98); dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara pemahaman agama (X1) dan sikap sosial keagamaan (X2) terhadap kemampuan adaptasi sosial (Y) santri pondok pesantren Daarun Najaah Jerakah Tugu Semarang. Hal itu diterangkan oleh hasil R2 (R-Square) sebesar 45%, tanda positif pada koefisien regresi dan nilai Fhitung yang lebih besar dari nilai Ftabel (Fhitung = 28,14 > Ftabel (0,05; 2,68) = 3,13).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sikap sosial keagamaan; adaptasi sosial, santri.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 05 Jun 2021 03:19
Last Modified: 05 Jun 2021 03:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13020

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics