Video Instagram sebagai media dakwah : studi akun @shiftmedia.id

Riyadi, Muhammad Wahyu (2020) Video Instagram sebagai media dakwah : studi akun @shiftmedia.id. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501026138_MUHAMMAD_WAHYU_RIYADI]
Preview
Text (SKRIPSI_1501026138_MUHAMMAD_WAHYU_RIYADI)
SKRIPSI_1501026138_MUHAMMAD_WAHYU_RIYADI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Video Instagram Sebagai Media Dakwah (Studi

Akun

@Shiftmedia.Id)”.

Instagram

memiliki

kekuatan

untuk

penyebaran

informasi yang digandrungi anak-anak muda. Kemudahan-

ditawarkan instagram memungkinkan pesan dakwah berupa foto serta video untuk

menyebar dengan cara

satu alternatif berdakwah ditengah munculnya berbagai piihan media untuk

berdakwah.

Peluang

itulah

yang

dimanfaatkan

akun

instagram

@shiftmedia.id,

yang

dikemas

dengan

kreatif

sehingga

menarik anak-anak

muda

hingga

mendapatkan sejumlah 1,9 juta pengikut. Sehubungan

tertarik untuk melakukan penelitian terhadap akun instagram

dengan rumusan masalah “Bagaimana

akun

@shiftmedia.id memanfaatkan

video instagram sebagai media dakwah?”. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu

untuk mengetahui bagaimana cara

pemanfaatan video instagram yang diterapkan

Ust. Hanan Attaki di media sosial

menyampaikan dakwah. Ust. Hanan Attaki adalah

Kegunaannya

untuk

memberikan

informasi

kajian

praktis

dan

teoritis

tentang

melalui fitur video instagram

kualitatif dengan analisis menggunakan teknik

Huberman. Teknik analisis ini pada dasarnya terdiri dari tiga komponen:

data (data reduction), penyadjian data (data display), dan penarikan serta

pengujian

data yang digunakan yaitu

langsung dengan data sumber data berupa

instagram @shiftmedia.id yang berjumlah 272 video.

Hasil

temuan

dari

penelitian

ini

menjelaskan

bahwa

instgagram

@shiftmedia.id menggunakan fitur vidgram untuk mengunggah video dengan

berbagai jenis video diantaranya video poster, video cuplikan kajian, video safari

dakwah, dan sebagainya sesuai dengan program komunitas shift. Penggunaan fitur

vidgram dengan model video instagram tersebut menjadi pilihan media dakwah

tetap pada akun @shiftmedia.id sejak 2015 silam. Dalam memanfaatkan video

instagram sebagai media dakwah, akun @shiftmedia.id juga

strategi

yaitu

identifikasi

masalah,

analisis

khalayak,

menetapkan

tujuan,

program, serta monitoring dan evaluasi. Selain itu fokus pengembangan pesan

dakwah adalah pada materi aqidah, iman, serta

temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa akun

terorganisir dan

instagram agar mendapatkan mad

anak muda

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Video Instagram; Media Dakwah
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 006 Special computer methods
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 09 Jun 2021 07:09
Last Modified: 09 Jun 2021 07:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13022

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics