Pengaruh pola asuh orang tua tunggal (single parent) ibu terhadap tingkat kedisiplinan melaksanakan shalat fardhu siswa MA NU Al-Hikmah Semarang

Saputri, Ayu Eka (2020) Pengaruh pola asuh orang tua tunggal (single parent) ibu terhadap tingkat kedisiplinan melaksanakan shalat fardhu siswa MA NU Al-Hikmah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016037_AYU_EKA_SAPUTRI]
Preview
Text (SKRIPSI_1603016037_AYU_EKA_SAPUTRI)
1603016037_Ayu Eka_Full Skripsi - Ayu Ekasaputri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa keluarga atau orang tua memiliki peran yang penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi pribadi yang baik, cerdas, dan disiplin. Sejalan dengan hal itu, setiap orang tua juga pasti memiliki cara tersendiri dalam mengasuh anaknya supaya keinginannya tersebut dapat tercapai. Sama halnya dengan orang tua yang utuh, orang tua tunggal juga memiliki keinginan yang sama terhadap anaknya. Orang tua tunggal juga menerapkan pola asuh untuk anaknya di tengah tanggung jawabnya yang lebih berat jika dibandingkan dengan orang tua yang utuh. Pola asuh yang diterapkan pada anak tentu tidak lepas dari adanya perhatian dan juga kontrol dari orang tua. Dengan menerapkan pola asuh yang sesuai, nantinya akan mempengaruhi kedisiplinan anak atau tidak, termasuk kedisiplinan anak dalam melaksanakan shalat fardhu. Kedisiplinan merupakan perilaku taat yang didasarkan pada kesadaran untuk melaksanakan kewajiban sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur besarnya pengaruh pola asuh orang tua tunggal (single parent) ibu terhadap tingkat kedisiplinan melaksanakan shalat fardhu siswa MA NU Al-Hikmah Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Yaitu teknik pengambilan sampel dengan menentukan karakteristik tertentu sehingga tidak mungkin diambil sampel lain yang tidak memenuhi karakteristik yang telah ditentukan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik regresi linier sederhana. Yaitu rumus yang digunakan untuk menguji satu variabel bebas dan satu variabel tak bebas. Hasil penemuan dalam penelitian ini adalah : terdapat pengaruh antara pola asuh orang tua tunggal (single parent) ibu terhadap tingkat kedisiplinan melaksanakan shalat fardhu siswa MA NU Al-Hikmah Semarang. Pengaruh yang diberikan adalah sebesar 15,75%, sedangkan 84,25% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pola asuh; orang tua tunggal; shalat fardhu
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 05 Jun 2021 03:46
Last Modified: 05 Jun 2021 03:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13026

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics