Strategi sosialisasi Baznas Kabupaten Semarang dalam upaya peningkatkan motivasi berzakat para muzakki

Izzah, Hanna Ni’matul (2020) Strategi sosialisasi Baznas Kabupaten Semarang dalam upaya peningkatkan motivasi berzakat para muzakki. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_HANNA NI'MATUL IZZAH_1601036135]
Preview
Text (SKRIPSI_HANNA NI'MATUL IZZAH_1601036135)
1601036135_Hanna Ni_matul Izzah_Full Skripsi.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sosialisasi merupakan salah satu program kegiatan yang ada di Lembaga zakat. Dengan Sosialisasi lembaga zakat dapat memaksimalkan jumlah dana zakat di Kabupaten Semarang yang. mayoritas penduduknya adalah seorang muslim. Membayar zakat merupakan hal yang wajib di lakukan oleh seorang muslim. Penelitian ini akan membahas bagaimana Lembaga zakat BAZNAS Kabupaten Semarang menerapkan program kegiatan startegi sosialisasi dalam meningkatkan motivasi para muzakki untuk membayar zakat. Dengan hal itu, supaya pemerolehan dana zakatnya dapat maksimal. Menurut pemaparan diatas, maka peneliti memfokuskan penelitian pada permasalahan strategi Sosialisasi BAZNAS Kabupaten Semarang Dalam Upaya Peningkatan Motivasi Para Muzakki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi sosialisasi yang diterapkan oleh BAZNAS Kabupaten Semarang dalam meningkatan motivasi muzakki, serta Potensi dana zakat yang ada di Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian lapangan (field research). Adapun dalam metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Setelah data-data terkumpul maka penulis menganalisis dengan metode deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan yaitu, pertama, Selama ini strategi sosialisasi yang dilakukan oleh BAZNAS Kabupaten Semarang yaitu, melalui media, memanfaatkan media cetak, sosialisasi melalui media sosial, sosialisasi melalui media massa, melalui televisi dan radio. Strategi dengan melakukan ceramah dan khutbah. Selain itu juga melakukan sosialisasi secara langsung ke instansi, BUMN, BUMD dan lembaga vertikal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Zakat; Infaq; Shadaqah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 05 Jun 2021 03:54
Last Modified: 05 Jun 2021 03:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13029

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics