Politik kebijakan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Demak : studi analisis Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Sayung tahun 2019

Sulistiyono, Wawan (2020) Politik kebijakan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Demak : studi analisis Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Sayung tahun 2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1506016005_Wawan_Sulistiyono]
Preview
Text (Skripsi_1506016005_Wawan_Sulistiyono)
1506016005_Wawan Sulistiyono_full skripsi - wawan sulistiyono.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kebijakan publik sering dipahami sebagai instrumen yang dipakai pemerintah untuk memecahkan masalah publik secara teknokratis. Dalam arti pemerintah menggunakan pendekatan rational choice untuk memilih alternatif terbaik guna memecahkan persoalan yang dihadapi masyarkat. Kemiskinan merupakan masalah pembangunan di berbagai bidang yang ditandai oleh pengangguran, keterbelakangan, dan keterpurukan. Masyarakat miskin umumnya lemah dalam kemampuan berusaha dan terbatas aksesnya kepada kegiatan social ekonomi, sehingga tertinggal jauh dari kelompok masyarakat lain yang mempunyai potensi lebih tinggi.
Program Keluarga Harapan hadir di Kecamtan Sayung, Kabupaten Demak sejak tahun 2012,alasan penulis meneilti di Kecamatan Sayung yaitu untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan program keluarga harapan. bagaimana efektivitas Program Keluarga Harapan dalam pengentasan kemiskinan di Kecamatan Sayung dan bagaimana dampak Program Keluarga Harapan di Kecamatan Sayung.
Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yaitu sebuah penelitian dimana peneliti menggali suatu fenomena tertentu (kasus) dalam suatu waktu dan kegiatan (program, even, proses, institusi atau kelompok sosial) serta mengumpulkan informasi secara terperinci dan mendalam dengan menggunakan berbagai prosedur pengumpulan data selama periode tertentu.
Hasil penelitian ini adalah program PKH di Kecamatan Sayung sudah terlaksana dengan baik. Masyarakat penerima mengatakan PKH membantu dalam perekonomian mereka. Setelah berjalannya PKH, masalah perekonomian sedikit teratasi. Terutama dalam bidang pendidikan masyarakat merasa tertolong karena mendapat bantuan, uang yang semula dianggarkan ke pendidikan masih bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kebijakan; Program Keluarga Harapan (PKH); Kemiskinan
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 322 Relation of state to organized groups
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Jun 2021 01:57
Last Modified: 27 Jul 2021 03:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13031

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics