Analisis hisab gerhana bulan kitab Tazkirah al-Ikhwan fi ba’di al-Tawarikh wa al-A’mal al-Falakiyyah

Mundhir, Muhammad (2020) Analisis hisab gerhana bulan kitab Tazkirah al-Ikhwan fi ba’di al-Tawarikh wa al-A’mal al-Falakiyyah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602046099_Muhammad_Mundhir]
Preview
Text (Skripsi_1602046099_Muhammad_Mundhir)
1602046099_MUHAMMAD MUNDHIR_full naskah skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kitab Taz\kirah al-Ikhwa>n fi> Ba’d}i al-Tawa>ri>kh wa al-A’ma>l al-Falakiyyah merupakan kitab karya pertama dari Ulama’ Falak Nusantara yaitu KH. Ahmad Dahlan As-Samarani. Perkembangan teknologi turut berpengaruh pada perkembangan sistem hisab dalam ilmu falak. Salah satu akibat dari perkembangan tersebut adalah hisab Taqribi mulai jarang diminati oleh para pegiat falak. Skripsi ini ditulis guna mengangkat kembali hisab taqribi yang mulai kurang diminati. Disamping itu, ada hal yang menarik dari kitab ini yaitu kitab ini dikatakan sebagai kitab Hisab Hakiki Taqribi pertama di Indonesia yakni bertepatan pada tahun 1901 M. kemudian data dalam tabel jadwalnya sudah mencapai ketelitian sampai Tsawalist serta adanya data-data yang di koreksi (Ta’dil). Hal ini akan menjadikan perhitungan dalam kitab ini akan menjadi lebih halus atau akurat.
Skripsi ini mengkaji dua rumusan masalah yaitu: 1) Bagamana analisis hisab gerhana bulan dalam kitab Taz\kirah al-Ikhwa>n fi> Ba’d}i al-Tawa>ri>kh wa al-A’ma>l al-Falakiyyah, dan 2) Bagaimana keakurasian hisab gerhana bulan dalam kitab Taz\kirah al-Ikhwa>n fi> Ba’d}i al-Tawa>ri>kh wa al-A’ma>l al-Falakiyyah .
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat library research (penelitan kepustakaan). Pengumpulan data diperoleh dengan teknik dokumentasi dan wawancara. Data primer diperoleh langsung dari kitab Taz\kirah al-Ikhwa>n fi> Ba’d}i al-Tawa>ri>kh wa al-A’ma>l al-Falakiyyah, sedangkan untuk data sekunder penulis peroleh dari hasil wawancara dan beberapa dokumen yang berupa buku-buku, tulisan, makalah, ensiklopedi, website dan lain-lain yang berhubungan dengan hisab gerhana Bulan. Tehnik analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan melakukan analisis komparasi antara data atau hasil dari perhitungan.
Adapun temuan dari penelitan ini adalah: pertama, kitab ini mengambil data-data jadwal merujuk pada kitab Al-Mathla’ Al-Sa’id Fi> Hisa>bat Al-Kawa>kib ‘Ala> Rashd Al-Jadi>d karya gurunya yang bernama Syeikh Husein Zaid Al-Mishri yang menggunakan data awal dari tabel zeij Ulugh Beyk dari Samarkand. Kitab ini menggunakan Epoch Semarang dan menggunakan acuan waktu Ghurubiyah. Kitab ini termasuk ke dalam jenis sistem hisab hakiki taqribi yaitu dengan menggunakan data-data hasil pengamatan dan menggunakan perhitungan yang sederhana. Kedua, dari segi akurasi kitab ini tergolong kurang akurat jika dibandingkan dengan sistem hisab kontemporer seperti sistem hisab ephemeris yang mempunyai selisih berbeda-beda anatar 10 menit sampai 1 jam lebih sehingga tidak dapat digunakan sebagai acuan utama perhitungan gerhana bulan. walaupun begitu kitab ini tetap harus dilestarikan sebagai bentuk penghargaan terhadap karya ulama falak di Nusantara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gerhana bulan; Hisab Taqribi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences > 523 Specific celestial bodies and phenomena
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 11 Jun 2021 02:05
Last Modified: 11 Jun 2021 02:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13037

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics