Remaja dan program KB : studi tentang partisipasi remaja dalam mensukseskan program Kampung KB di Kecamatan Tugu, Kota Semarang

Nugrahaeni, Vivi Risqi (2020) Remaja dan program KB : studi tentang partisipasi remaja dalam mensukseskan program Kampung KB di Kecamatan Tugu, Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1606026027_Vivi_Risqi_Nugrahaeni]
Preview
Text (Skripsi_1606026027_Vivi_Risqi_Nugrahaeni)
1606026027_Vivi Risqi Nugrahaeni_Full Skripsi - vivi risqi nugrahaeni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kampung KB merupakan program yang didesain untuk mengatasi persoalan kependudukan. Program ini melibatkan remaja dalam pelaksanaan aktifitasnya. Pelibatan remaja dalam program ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam pengatasan kependudukan ini karena remaja dibina untuk memahami masalah kependudukan dan remaja dibina untuk menyiapkan masa depan yang berkualitas. Dengan konteks seperti itu penelitian ini membahas permasalahan bagaimana remaja aktif berpartisipasi dalam kegiatan Kampung KB di Kecamatan Tugu Kota Semarang. Permasalahan ini menarik karena program Kampung KB ini merupakan program yang masih baru di satu sisi, dan harus dapat menarik perhatian remaja untuk terlibat aktif dalam kegiatan tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena dan menganalisis temuan-temuan dilapangan dengan dikaitkan dengan teori-teori yang sudah ditentukan. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan kajian pustaka. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang dengan mengkoordinasi data temuan dan kelola menjadi satu kesatuan yang dapat diceritakan.
Dengan pertanyaan penelitian yang meliputi 1) Apa saja kegiatan remaja yang diinisiasi dalam program kampung KB, 2) Bagaimana upaya yang dilakukan oleh remaja, 3) Apa faktor pendukung dan penghambat pelibatan remaja dalam program kampung KB Kecamatan Tugu, Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukan 1) program yang diinisiasi dalam kegiatan keremajaan kampung KB Kelurahan Randugarut antara lain melakukan pembentukan PIK R/M sesuai dengan langkah-langkah yang sudah ditetapkan dan juga melaksanakan kegiatan program genre yang didalamnya diisi dengan berbagai kegiatan dan materi yang disampaikan. 2) Berbagai upaya dilakukan untuk mengajak remaja ikut berpartisipasi seperti sosialisasi dan juga para remaja ini meluangkan waktunya untuk mengikuti kegiatan Kampung KB. 3) Factor pendukung remaja berpartisipasi karena tertarik dengan kegiatan tersebut dan didasarkan oleh keinginan diri sendiri serta lingkungan yang mendukung, adapun factor penghambat dari partisipasi ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: pertama, karena banyaknya remaja yang belum faham akan arti penting remaja dalam kegiatan kampung KB ini. Kedua, karena remaja belum dapat membagi waktu antara kegiatan Program Kampung KB dengan kegiatan mereka sendiri
Disisi lain, remaja yang ikut aktif dalam kegiatan program Kampung KB ini mereka mengakui bahwa setelah terjun untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut, banyak hal baik yang didapatkannya oleh karena itu, pilihannya untuk ikut serta tidaklah sia-sia untuk kehidupannya sekarang maupun dimasa mendatang. Pilihan yang disari oleh ke rasionalan tersebut memberikan feedback yang banyak dari pada cost yag harus dikeluarkan oleh para remaja tersebut. selain itu, prefensi tersebut didasarkan dengan sumber daya yang ditawarkan dalam kegiatan remaja ini yang menawarkan manfaat untuk para remaja kelurahan Randugarut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Remaja; Keluarga berencana; Kampung KB
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups
300 Social sciences > 307 Communities
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 11 Jun 2021 02:07
Last Modified: 11 Jun 2021 02:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13039

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics