Analisis penentuan awal bulan kamariah Kiai Slamet Saja’ah

Triyatno, Triyatno (2020) Analisis penentuan awal bulan kamariah Kiai Slamet Saja’ah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602046102_Triyatno]
Preview
Text (Skripsi_1602046102_Triyatno)
1602046102_Triyatno_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kiai Slamet Saja’ah adalah seorang pengasuh pondok Sirojuth Tholibin yang ada di Desa Pengadegan, Kecamatan Pengadegan, Kabupaten Purbalingga. Selain sebagai pengasuh pondok, beliau juga menjabat sebagai Syuriah MWC Nahdlatul Ulama Kecamatan Pengadegan. Walaupun beliau adalah seorang tokoh Nahdlatul Ulama, dalam penentuan awal bulan Kamariah beliau lebih mengedepankan penggunaan hisab diandingkan rukyat. Namun, hisab yang beliau gunakan juga berbeda dengan hisab yang biasa digunakan oleh ormas Muhammadiyah, hal ini bisa dilhat dari perbedaan yang juga sering terjadi antara Kiai Slamet Saja’ah dengan NU dan Muhammadiyah. Kiai Slamet Saja’ah tidak pernah secara terang-terangan menyuruh santri-santrinya untuk mengikuti beliau dalam hal penentuan awal bulan kamariah, meskipun begitu banyak santri yang mengikuti beliau dalam penentuan awal bulan kamariah.
Dari permasalah tersebut penulis merasa tertarik untuk mengetahui metode hisab yang digunakan oleh Kiai Slamet Saja’ah dalam penentuan awal bulan kamariah. Itu penulis juga ingin mengetahui bagaimana peluang terjadinya perbedaan jika metode hisab yang beliau gunakan tetap dipakai.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer dalam penelitian ini adalah pemikiran-pemikiran Kiai Slamet Saja’ah dalam penentuan awal bulan kamariah yang berupa catatan, keterangan lisan, dan dokumen-dokumen lain dari Kiai Slamet Saja’ah. Dalam pengumpulan data digunakan metode wawancara dan dokumentasi. Data yang penulis dapat kemudian dianalisis secara deskriptif analisis, selain itu penulis juga melakukan analisis secara komparatif untuk mengetahui seberapa akurat hisab awal bulan kamariah yang digunakan oleh Kiai Slamet Saja’ah.
Penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan, yang pertama bahwa dalam penentuan awal bulan kamariah Kiai Slamet Saja’ah menggunakan hisab. Hisab yang digunakan oleh Kiai Slamet Saja’ah dalam penentuan awal bulan kamariah termasuk pada hisab Asapon yang dari segi keakuratan termasuk pada sistem hisab ‘urfi. Kedua,alasan dari pengunaan metode ini oleh Kiai Slamet Saja’ah adalah metode tersebut adalah metode yang diajarkan oleh gurunya, kemudian jika hisab yang digunakan oleh Kiai Slamet Saja’ah dikomparasikan dengan hisab Ephemeris dengan kriteria MABIMS dan kriteria wujudul hilal akan terjadi banyak perbedaan dalam penentuan awal bulan kamariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Awal Bulan Kamariah; Kiai Slamet Saja’ah
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 05 Jun 2021 04:33
Last Modified: 05 Jun 2021 04:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13042

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics