Studi analisis hisab gerhana matahari dengan kitab Tadzkirat al-Ikhwan fi ba’dli at-Tawarikhi wa al-A’mali al-Falakiyyati bi Samarani karya KH. Ahmad Dahlan as-Samarani

Anisah, Siti (2020) Studi analisis hisab gerhana matahari dengan kitab Tadzkirat al-Ikhwan fi ba’dli at-Tawarikhi wa al-A’mali al-Falakiyyati bi Samarani karya KH. Ahmad Dahlan as-Samarani. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602046103_Siti_Anisah]
Preview
Text (Skripsi_1602046103_Siti_Anisah)
1602046103_Siti Anisah_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis metode hisab gerhana Matahari dalam kitab Tadzkirat al-Ikhwan fi Badli’ al-Tawarikhi wa al-A’mali al-Falakiyyati karangan KH. Ahmad Dahlann as-Samarani. Penulis tertarik untuk mengkaji kitab ini sebab kitab Tadzkirat al-Ikhwan fi Badli’ al-Tawarikhi wa al-A’mali al-Falakiyyati ini merupakan kitab falak klasik yang termasuk kedalam kitab falak tertua dan induk di Indonesia sehingga tabel dari kitab tersebut telah banyak digunakan pada kitab-kitab falak lainnya, namun belum ada yang meneliti tentang metode hisab gerhana Matahari yang ada pada kitab ini. Selain itu ada suatu data yang membedakan kitan Tadzkirat al-Ikhwan fi Badli’ al-Tawarikhi wa al-A’mali al-Falakiyyati ini dengan kitab lainnya yaitu adanya data tsawalis pada tabel perhitungan kitab tersebut. Nilai tsawalis pada tabel ini diperkirakan dapat membuat hasil perhitungan menjadi lebih detail bahkan mendekati itungan NASA. Karena meskipun kitab ini tergolong kitab taqribi, namun untuk perhitungan gerhana sudah masuk ke dalam kategori tahqiqi.
Untuk membahas latar belakang masalah di atas, penulis membagi permasalahan ke dalam dua rumusan masalah. 1) bagaimanakah metode yang digunakan KH. Ahmad Dahlan As-Samarani dalam menghisab gerhana Matahari menggunakan kitab Tadzkirat al-Ikhwan fi Badli’ al-Tawarikhi wa al-A’mali al-Falakiyyati? 2) bagaimana tingkat akurasi hisab gerhana Matahari dengan kitab Tadzkirat al-Ikhwan fi Badli’ al-Tawarikhi wa al-A’mali al-Falakiyyati karya KH. Ahmad Dahlan As-Samarani?
Berdasarkan metode yang penulis gunakan, penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif yang jenisnya adalah penelitian kepustakaan (library research) yang sifatnya deskriptif komparatif. Sumber data primer dalam penelitian ini menggunakan kitab Tadzkirat al-Ikhwan fi Badli’ al-Tawarikhi wa al-A’mali al-Falakiyyati. Sedangkan sumber data sekunder pada penelitian ini adalah hasil NASA, buku-buku falak, jurnal dan artikel yang berkaitan dengan objek penelitian. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis dan kemudian dikaji lagi dengan studi komparatif untuk mengetahui seberapa tingkat akurasinya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode hisab gerhana Matahari dengan metode hisab kitab Tadzkirat al-Ikhwan fi Badli’ al-Tawarikhi wa al-A’mali al-Falakiyyati tergolong hisab haqiqi taqribi karena masih menggunakan tabel Ulugh Beik dan perhitungan (penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian) klasik. Kemudian tingkat akurasi hasil yang dicapai dengan hisab gerhana Matahari dengan kitab Tadzkirat al-Ikhwan fi Badli’ al-Tawarikhi wa al-A’mali al-Falakiyyati jika dibandingkan dengan NASA, maka menunjukkan selisih yang cukup jauh. Dari selisih yang cukup signifikan sampai dengan selisih yang sangat signifikan yaitu antara 20 menit hingga 2 jam lamanya. Hasil hisab gerhana Matahari ini dinilai tidak cukup akurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hisab; Gerhana Matahari; KH. Ahmad Dahlan As-Samarani; Kitab Tadzkirat al-Ikhwan fi Badli’ al-Tawarikhi wa al-A’mali al-Falakiyyati
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences > 523 Specific celestial bodies and phenomena
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 11 Jun 2021 02:37
Last Modified: 11 Jun 2021 02:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13048

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics