Kuncoro, Safriyan Budi (2020) Mengungkap partisipasi politik masyarakat samin dalam PILKADA (studi kasus masyarakat Samin di Dusun Jepang Kec Margomulyo Kab Bojonegoro). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1506016027_Safriyan budi kuncoro_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1506016027_Safriyan budi kuncoro_lengkap)
1506016027_SAFRIYAN BUDI KUNCORO_LENGKAP SKRIPSI - Safrian Kuncoro.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Safriyan Budi Kuncoro NIM 1506016027 dengan judul skripsi: “Mengungkap Partisipasi Politik Masyarakat Samin dalam Pilkada (Studi Kasus Masyarakat Samin di Dusun Jepang Kec Margomulyo Kab Bojonegoro). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu pemikiran bahwa masyarakat Samin yang ada sekarang sangatlah berbeda dengan masyarakat Samin pada zaman-zaman dahulu. Dimana pada zaman dahulu masyarakat Samin sulit untuk berkomunikasi dan terbuka dengan orang luar Pada dewasa ini masyarakat Samin sudah mengalami banyak perkembangan dan kemajuan, saat ini masyarakat samin sudah mau melaksanakan dan menerima peraturan pemerintah seperti membayar pajak, ikut serta dalam kegiatan pemilu, Pilkada dll. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua rumusan masalah yaitu 1) Mengetahui dan menganalisis partisipasi masyarakat Samin dalam Pilkada 2018 di Kabupaten Bojonegoro; 2) Mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat Samin dalam Pilkada 2018 di Kabupaten Bojonegoro.
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data primer adalah hasil observasi dan wawancara di antaranya dengan Sekretaris Desa, Kepala Dusun, Sesepuh, Putra dari sesepuh adat Samin, dan beberapa warga masyarakat adat Samin yang ada di Desa Margomulyo Kabupaten Bojonegoro. Data sekunder umumnya berupa bukti, catatan atau laporan historis yang telah tersusun dalam arsip (data dokumenter) yang dipublikasikan dan yang tidak dipublikasikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Partisipasi masyarakat Samin dalam Pilkada 2018 di Kabupaten Bojonegoro sudah mulai ada perkembangan yang cukup pesat, diantaranya ditandai dengan antusiasme masyarakat Samin saat datang ke TPS untuk menunaikan hak pilihnya dalam kegiatan pemilihan kepala daerah. Jika dihubungkan dengan teori partisipasi politik Huntington dan Joan Nelson, maka partisipasi politik masyarakat Samin dalam “kegiatan pemilihan” yaitu hanya terlibat dalam penggunaan hak pilih ketika pemilu. Partisipasi politik masyarakat Samin dalam “lobby” yaitu pernah menghubungi kepala desa. Partisipasi politik m0061syarakat Samin dalam “kegiatan organisasi” yakni hanya tergabung dalam keanggotaan perangkat desa di Desa Margomulyo. Partisipasi politik masyarakat Samin dalam contacting yaitu bahwa masyarakat Samin memiliki hubungan baik dengan Bupati Bojonegoro. (2) Salah satu faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat Samin dalam Pilkada 2018 di Kabupaten Bojonegoro adalah aspek kesadaran politik. Di dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bojonegoro di Kecamatan Margomulyo tahun 2018 bahwa tingkat partisipasi politik masyarakat khususnya dalam menggunakan hak pilih sudah tinggi, itu artinya kesadaran akan hak politik di sini sudah cukup baik. Masyarakat Samin menggunakan hak kewajiban sebagai warga negara. Pada saat pemilihan, mereka memilih dengan kata hati mereka dan tidak mengikuti kata orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Partisipasi politik; Masyarakat Samin; Pilkada 2018
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 342 Constitutional and administrative law
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 19 Jun 2021 06:45
Last Modified: 19 Jun 2021 06:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13050

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics