Alternatif raṣdul qiblah dalam tabel raṣdul qiblah abadi

Habib, Muhammad Akmal (2020) Alternatif raṣdul qiblah dalam tabel raṣdul qiblah abadi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602046108_Muhammad Akmal Habib]
Preview
Text (Skripsi_1602046108_Muhammad Akmal Habib)
1602046108_Muhammad Akmal Habib_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Arah kiblat merupakan salah satu sub pembahasan dalam ilmu falak. Pembahasan mengenai arah kiblat biasanya bisa dibedakan menjadi dua model pendekatan yakni pendekatan fikih tentang hukum menghadap kiblat dan akibat hukum yang ditimbulkan serta pendekatan matematis tentang konsep arah kiblat maupun metode penentuannya. Penelitian ini membahas tentang salah satu metode penentuan arah kiblat berupa raṣdul qiblah yang memiliki dua jenis, yakni raṣdul qiblah global dan lokal. Dalam rangka mengembangkan konsep raṣdul qiblah lokal, penulis ingin menambahkannya dengan sebuah konsep alternatif raṣdul qiblah yakni waktu di mana Matahari membentuk bayangan yang menunjukkan arah dari ṣaf kiblat yang tepat tegak lurus dengan arah kiblat atau disebut raṣdu ṣaffil qiblah. Kemudian disajikan dalam bentuk tabel untuk mempermudah ketika digunakan dan dinamai dengan Tabel Raṣdul Qiblah Abadi.
Pokok pembahasan dalam penelitian ini adalah tentang konsep, formulasi dan cara penggunaan tabel raṣdul qiblah abadi melalui tabel yang berisi jadwal waktu raṣdul qiblah lokal dan alternatif raṣdul qiblah serta cara mengkonversinya dari satu tempat ke tempat lainnya. Selain pembahasan di atas, penulis juga menguji keakuratan dan masa berlaku dari Tabel Raṣdul Qiblah Abadi ini.
Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dalam melaksanakan penelitian ini dengan data primer yang diambil dari rumus-rumus yang dapat ditemukan dalam buku karya Slamet Hambali yang berjudul “Ilmu Falak Arah Kiblat Setiap Saat” dan buku karya Rinto Anugraha yang berjudul “Mekanika Benda Langit”. Sedangkan data sekunder yang penulis gunakan berasal dari berbagai sumber data yang menguatkan data primer tersebut. Data-data tersebut kemudian diolah dan dianalisis menggunakan metode deskriptif eksploratif.
Hasil temuan dari penelitian ini ada empat. Pertama, konsep raṣdu ṣoffil qiblah atau alternatif raṣdul qiblah. Kedua, Tabel Raṣdul Qiblah Abadi yang berisikan informasi mengenai waktu terjadinya raṣdul qiblah lokal dan alternatif raṣdul qiblahi serta limit waktu pelaksanaan pengamatan terhadap hasil tersebut. Ketiga, Tabel Raṣdul Qiblah Abadi ini bersifat akurat karena berdasarkan perhitungan hakiki bit tahqiq dengan selisih azimuṭ Matahari hanya dalam kisaran menit busur sedangkan toleransi kemelencengan arah kiblat sebesar 2o. Keempat, Tabel Raṣdul Qiblah Abadi ini bisa digunakan sepanjang masa karena dalam kurun waktu 1200 tahun selisih waktu rata-rata antara siklus empat tahunan pertama dengan siklus selanjutnya tidak melebihi limit waktu rata-rata pelaksanaan pengamatan raṣdul qiblah baik raṣdul qiblah lokal maupun alternatif raṣdul qiblah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: arah kiblat; raṣdul qiblah lokal; Tabel Raṣdul Qiblah Abadi
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 19 Jun 2021 06:51
Last Modified: 19 Jun 2021 06:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13051

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics