Pengaruh persepsi siswa tentang pengawasan orang tua terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa kelas VIII di SMP Negeri I Kramat Tegal

Iftinan, Arina Fika (2020) Pengaruh persepsi siswa tentang pengawasan orang tua terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa kelas VIII di SMP Negeri I Kramat Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016079_ARINA_FIKA_IFTINAN]
Preview
Text (SKRIPSI_1603016079_ARINA_FIKA_IFTINAN)
1603016079_ARINA FIKA IFTINAN_LENGKAP TUGAS AKHIR - afi ramadhan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang pengawasan orang tua terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kramat Tegal. Jenis penelitian yakni penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi-kausalitas. Teknik pengumpulan data berupa angket (kuesioner) dan dokumentasi.
Dilihat dari hasil analisis data, diketahui bahwa persepsi siswa tentang pengawasan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kramat Tegal, dengan data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis dilakukan dengan teknik analisis regresi sederhana. Pengujian hipotesis ditunjukkan dengan membandingkan harga F_reg kelas VIII sebesar 23,252 dan taraf signifikansi 5% adalah 3,005, maka F_reg= 23,252 > F_tabel= 3,005 .
Kontribusi pada persepsi siswa tentang pengawasan orang tua terhadap prestasi belajar PAI pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kramat Tegal ini dapat diketahui dari nilai R = 0,499, artinya terdapat pengaruh persepsi siswa tentang pengawasan orang tua terhadap prestasi belajar PAI pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kramat Tegal berada pada kategori baik. Nilai determinasi (R Square) sebesar 0,249, artinya kontribusi pengawasan orang tua dalam mempengaruhi prestasi belajar PAI siswa sebesar 24,9%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang pengawasan orang tua terhadap prestasi belajar siswa, sehingga pada penelitian ini dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi semua pihak terutama orang tua, guru, dan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengawasan orang tua; Prestasi belajar; Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 05 Jun 2021 06:36
Last Modified: 01 Jul 2021 08:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13064

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics