Konsep khilafah dan jihad dalam konstelasi pembelajaran fiqih politik Islam : studi atas persepsi guru mata pelajaran fiqih MA se-Kabupaten Kudus

Fardah, Fadila Arifatul (2020) Konsep khilafah dan jihad dalam konstelasi pembelajaran fiqih politik Islam : studi atas persepsi guru mata pelajaran fiqih MA se-Kabupaten Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016108_FADILA_ARIFATUL_FARDAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1603016108_FADILA_ARIFATUL_FARDAH)
1603016108_Fadila Arifatul Fardah_Full Skripsi - fadila af.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan; 1) Bagaimana Persepsi Guru Mata Pelajaran Fiqih MA tentang Konsep Khilafah dan Jihad dalam Konstelasi Pembelajaran Fiqih Politik Islam? 2) Bagaimana Metode yang Diterapkan oleh Guru Ketika Menyampaikan Materi tentang Konsep Khilafah dan Jihad dalam Konstelasi Pembelajaran Fiqih Politik Islam ?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini sebagai berikut; jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) dan bersifat eksploratif. Lokasi penelitiannya di Kota Kudus, dan menggunakan pendekatan fenomenologis. Datanya diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa menurut guru mapel Fiqih MA di Kabupaten Kudus khilafah merupakan sebuah sistem pemerintahan yang pelaksanaannya sesuai dengan syariat Islam sehingga sistem khilafah tersebut tidak pas untuk diterapkan di Indonesia dan sudah tidak relevan untuk kondisi di masa sekarang. Menurut guru Fiqih, alasan ketidak cocokannya dikarenakan tidak adanya dalil Al-qur’an maupun Hadits yang mewajibkan untuk mendirikan khilafah, meskipun jika dilihat dari sudut pandang yang lain dapat dikatakan bahwa Indonesia sudah mengikuti
dasar yang ada dalam khilafah. Hal tersebut dibuktikan dari kelima sila dalam Pancasila yang sama dengan isi dari dasar negara dengan sistem khilafah, akan tetapi dalam hal ini hanya bisa diberlakukan dikalangan umat Islam saja padahal Indonesia sendiri adalah negara yang mengakui enam agama, maka jika diterapkan secara keseluruhan dalam satu negara, akan merubah semua tatanan yang ada dalam negara, dan tentunya akan menyebabkan adanya kekacauan, perpecahan dan pertengkaran antar warga Indonesia. Sedangkan tentang konsep jihad, diartikan sebagai berjuang, bersungguh-sungguh dalam segala hal. Guru Fiqih mengidentifikasi makna jihad secara umum maupun khusus. Adapun secara umum yaitu setiap usaha yang dilakukan dengan bersungguh-sungguh dalam rangka melaksanakan, membela, memperjuangkan agama Islam serta menegakkan kalimat Allah SWT. Contohnya, belajar untuk memberantas kebodohan, bekerja untuk memberantas kemiskinan dan beribadah untuk memberantas kemaksiatan. Sedangkan secara khusus yaitu jihad qital , jihad dengan peperangan, berjuang dengan kekerasan. Para guru Fiqih memandang mereka yang hanya mengartikan jihad sekadar dengan peperangan maka mereka termasuk golongan orang-orang yang dangkal akan pengetahuan agama dan fanatik pada satu sumber saja.
Demikian halnya dalam proses pembelajaran Fiqih, metode yang dipilih yaitu mauidhoh hasanah atau ceramah. Guru yang menjadi objek utama dalam kegiatan pembelajaran dikarenakan materi ini sangat rentan disalahpahamkan dan jika kegiatan belajar mengajarnya berpusat pada siswa nantinya malah akan menimbulkan dampak buruk untuk siswa. Beberapa narasumber juga memberikan himbauan diawal proses pembelajaran seperti jangan sampai terpengaruh dengan kelompok radikal, perbanyak pengetahuan agama agar tidak mudah terdoktrin dan lain sebagainya. Untuk evaluasinya, para guru menggunakan tes tertulis baik melalui ulangan harian pada setiap bab, penugasan maupun ketika ujian tengah semester dan ujian akhir semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Khilafah; jihad
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 05 Jun 2021 06:45
Last Modified: 03 Jul 2021 03:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13066

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics