Pengaruh model pembelajaran habit forming dan pembiasaan shalat dhuha sebelum kegiatan pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X di SMAN 4 Kota Tegal

Fauziyah, Alma Nur (2020) Pengaruh model pembelajaran habit forming dan pembiasaan shalat dhuha sebelum kegiatan pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X di SMAN 4 Kota Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016113_ALMA_NUR_FAUZIYAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1603016113_ALMA_NUR_FAUZIYAH)
1603016113_Alma Nur Fauziyah_Lengkap Tugas Akhir - Alma Nurfa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran habit forming dan pembiasaan Shalat Dhuha terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X di SMA N 4 Kota Tegal. Dilakukannya penelitian ini untuk menjawab permasalahan: pertama, seberapa besar pengaruh model pembelajaran habit forming terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas X. Kedua, seberapa besar pengaruh pembiasaan Shalat Dhuha terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas X. Ketiga, seberapa besar pengaruh secara bersama antara model pembelajaran habit forming dan pembiasaan Shalat Dhuha terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas X.

Penelitian yang dilaksanakan termasuk penelitian lapangan (Field Research) dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Dengan populasi sebanyak 280 siswa dan sampel penelitian 74 yang diambil menggunakan teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan persamaan regresi berganda Y’ = 26,216 + 0,132X1 + 0,289X2 yang artinya terdapat hubungan positif antara model pembelajaran habit forming (X1) terhadap motivasi belajar PAI siswa (Y) dibuktikan dengan angka koefisien korelasi 0,132 atau signifikan. Kemudian terdapat hubungan positif antara pembiasaan Shalat Dhuha (X2) terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas X di SMA N 4 Kota Tegal (Y) dibuktikan dengan angka koefisien korelasi 0,289 atau signifikan. Kemudian untuk hasilnya adalah Fhitung = 18,005 > Ftabel (0,05;1;72) = 3,97. Sehingga variabel model pembelajaran habit forming (X1) dan pembiasaan Shalat Dhuha (X2) berpengaruh siginfikan secara bersama terhadap variabel motivasi belajar PAI siswa (Y) dengan besar pengaruh 33,7%.

Setelah mengetahui hasil penelitian ini dan mengetahui pengaruh positif dari model pembelajaran habit forming melalui pembiasaan Shalat Dhuha terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X, maka saran bagi sekolah adalah melanjutkan program pembelajaran tersebut sehingga bisa terus meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dan siswa akan selalu berkebiasaan baik. Bagi siswa adalah senantiasa meningkatkan keaktifan dalam mengikuti pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajarnya. Bagi orang tua agar selalu membimbing, memberi dukungan serta memberi perhatian lebih pada anaknya untuk melaksanakan tugasnya sebagai pelajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Habit forming, shalat dhuha, motivasi belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 05 Jun 2021 07:00
Last Modified: 05 Jun 2021 07:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13068

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics