Analisis nilai-nilai kepemimpinan Islam dalam film “Sultan Agung”

Hasanuddin, Agus (2020) Analisis nilai-nilai kepemimpinan Islam dalam film “Sultan Agung”. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501026142_AGUS_HASANUDDIN]
Preview
Text (SKRIPSI_1501026142_AGUS_HASANUDDIN)
SKRIPSI_1501026142_AGUS_HASANUDDIN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara yang terbentuk dari ribuan pulau, didalamnya terdapat banyak budaya, adat istiadat, suku bangsa dan beraneka ragam bahasa daerah. Untuk menjaga kesetabilan hidup didalam negara maka dibutuhkan pemimpin yang mampu menyatukan seluruh keanekaragaman dibawah naungan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Namun sayangnya di era sekarang masyarakat sering diperlihatkan tentang fenomena-fenomena sosial mengenai perilaku seorang pemimpin yang tidak patut untuk ditiru, dan akhirnya harus berhubungan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Untuk mencontoh keberhasilan seorang pemimpin bisa dilakukan melalui media Film. Salah satunya film yang berjudul “Sultan Agung” yang disutradarai Hanung Bramantyo. Film yang menceritakan seorang pangeran bukan pewaris tahta, yang harus menggantikan ayahnya yang meninggal dunia. Demi mengisi kekosongan pemimpi dan banyaknya pemberontakan R.M. Rangsang harus mengorbankan masa muda serta cintanya kepada Lembayung. R.M. Rangsang atau Sultan Agung muda harus bisa membawa Mataram lebih baik ditengah pemberontakan yang dilakukan oleh rakyatnya serta ditambah dengan kedatangan penjajah Belanda yang ingin menguasai bumi Nusantara. Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana nilai-nilai kepemimpinan Islam dalam film “Sultan Agung”.
Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai kepemimpinan Islam yang ada dalam film “Sultan Agung”. Jenis penelitian ini, menggunakan penelitian kualitatif. Sedangkan pendekatan yang digunakan untuk mengetahui nilai-nilai kepemimpinan Islam dalam “Sultan Agung” adalah semiotik Rolanad Barthes. Dalam menganalisis, peneliti mendeskripsikan data yang terkumpul dari film Sultan Agung. Selanjutnya, tanda yang digunakan dalam film Sultan Agung akan diinterpretasikan sesuai dengan bagian-bagian tayangan nilai-nilai kepemimpinan Islam. Dengan demikian makna film tersebut dapat dipahami menyeluruh, baik secara denotasi, konotasi maupun mitos/ mitologi.
Hasil penelitian yang peneliti lakukan, terdapat beberapa nilai-nilai kepemimpinan Islam yang harus dimiliki atau terdapat dalam diri seorang pemimpin yang menjadikan kepemimpinan Rasulullah SAW sebagai panutan. Nilai-nilai kepemimpinan tersebut berupa empat sifat atau karateristik yang terdapat pada diri Rasulullah SAW. Empat sifat tersebut yang digambarkan dalam film Sultan Agung yaitu: sidiq, amanah, fhatonah dan tabligh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Islam; Film; Semiotik Roland Barthes
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.61 Islamic leaders
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 19 Jun 2021 07:13
Last Modified: 19 Jun 2021 07:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13070

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics