Pesan dakwah dan cara penyampaiannya melalui aplikasi Wattpad Genre Spiritual Muslim Novel “Dear Allah”

Idalillah, Isniati (2020) Pesan dakwah dan cara penyampaiannya melalui aplikasi Wattpad Genre Spiritual Muslim Novel “Dear Allah”. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501026143_ISNIATI_IDALILLAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1501026143_ISNIATI_IDALILLAH)
SKRIPSI_1501026143_ISNIATI_IDALILLAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi membuat novel berpindah media mengikuti sesuai pembacanya. Salah satu media baru digital yang hadir dalam dunia sastra adalah aplikasi Wattpad. Aplikasi Wattpad adalah layanan situs web atau aplikasi telephone pintar yang bergerak di bidang tulisan. Macam karya tulis yang terdapat didalamnya meliputi novel, cerpen, puisi, artikel, dan sejenisnya. Dalam hal ini penulis mengambil isi konten yang berjudul “Dear Allah” karya Dianafebi dari genre spiritual muslim untuk dijadikan penelitian. Isi konten Dear Allah menceritakan Naira sebagai tokoh utama, konten ini menceritakan kehidupan seorang perempuan yang membatalkan pengkhitbahannya dan menikah dengan teman dari tunangannya demi menjaga kehormatan keluarganya. Konten ini banyak mengandung pesan dakwah dalam kehidupan sehari-hari yang dapat dijadikan media pembelajaran. Hakikat pesan adalah menyampaikan sesuatu berupa informasi, hiburan, atau pengetahuan kepada penerima melalui tatap muka atau media komunikasi.
Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengambil rumusan masalah “apa saja pesan dakwah dan bagaimana cara penyampaiannya dalam Aplikasi Wattpad Genre Spiritual Muslim novel Dear Allah ”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan pesan dakwah yang terkandung didalamnya serta cara penyampaian dakwah di media sosial Wattpad. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisi isi. Adapun unit analisisnya dengan sumber informasi yang akan diolah pada tahap analisis yaitu pesan dakwah dalam novel “Dear Allah” dengan metode pengumpulan data dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pesan dakwah yang meliputi tiga aspek yaitu nilai akidah, nilai syariah, nilai akhlak. Nilai akidah seperti iman kepada qadha dan qadhar. Nilai syariah meliputi ikhlas, berdoa, sholat, khitbah dan kewajiban istri terhadap suami. Nilai akhlak dibagi menjadi dua yaitu akhlaqul karimah dan akhlakul madzmumah, akhlaqul karimah adalah perilaku terpuji yaitu terdiri dari sabar, meminta maaf, memberi maaf, dan tolong-menolong. Akhlakul madzmumah yaitu meliputi marah, dengki, dan sombong. Sedangkan cara penyampaiannya dibagi menjadi langsung dan tidak langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pesan; Dakwah; Aplikasi Wattpad; Spiritual Muslim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 19 Jun 2021 07:19
Last Modified: 19 Jun 2021 07:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13074

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics