Implementasi pembinaan keagamaan pada pengguna narkoba di Pondok Pesantren At-Tauhid Semarang

Asriyaningrum, Dewi Ari (2020) Implementasi pembinaan keagamaan pada pengguna narkoba di Pondok Pesantren At-Tauhid Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016118_DEWI_ARI_ASRIYANINGRUM]
Preview
Text (SKRIPSI_1603016118_DEWI_ARI_ASRIYANINGRUM)
1603016118_Dewi Ari Asriyaningrum_Lengkap Tugas Akhir - Dewi Pemalang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (843kB) | Preview

Abstract

Masalah penyalahgunaan narkoba perlu ditangani secara serius dan menjadi tanggung jawab bersama. Bangsa ini telah kehilangan remaja yang tidak terhitung jumlahnya akibat penyalahgunaan narkoba. kehilangan remaja sama dengan kehilangan sumber daya manusia bagi bangsa. Melihat kenyataan ini, banyak elemen masyarakat dan lembaga-lembaga berupaya menanggulangi penyalahgunaan narkoba. Walaupun dengan cara yang berbeda-beda, namun tujuannya ingin menyelamatkan masyarakat Indonesia dari obat-obatan yang merusak, tidak hanya fisik tapi juga jiwa penyalahgunannya. Salah satu lembaga yang ikut andil dalam penanggulangan ini adalah Yayasan Rehabilitasi Pondok Pesantren At-Tauhid Semarang. Sebuah lembaga rehabilitasi yang berbasis psikoreligius dalam menyembuhkan para anak bina (pengguna narkoba).
Penelitian ini mempunyai fokus pada satu hal yaitu bagaimana implementasi pembinaan keagamaan Islam pada pengguna narkoba di Pondok Pesantren At-Tauhid Semarang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi pembinaan keagamaan pada pengguna narkoba di Pondok Pesantren At-Tauhid Semarang. Adapun penelitian ini termasuk ke dalam kategori penelitian kualitatif, jenis studi kasus. Dengan proses pengambilan data melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pembinaan keagamaan pada pengguna narkoba di Pondok Pesantren At-Tauhid menggunakan pendekatan thoriqah yang diimplementasikan melalui dzikir dan sholawat dalam keseharian santri. Implementasi pembinaan kegamaan di pondok ini meliputi ceramah keagamaan, sholat berjamaah, ngaji Qur’an, doa, dzikir dan sholawat, mandi taubat, tahlil, dan mujahadah. Semua pembinaan keagamaan di atas bertujuan untuk menyembuhkan pecandu narkoba dengan cara Islami.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pesantren at tauhid; narkoba.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 05 Jun 2021 07:14
Last Modified: 03 Jul 2021 03:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13076

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics