Fenomena nglangkahi dalam perkawinan di Desa Mangunrejo Kecamatan Kebonagung Kabupaten demak: kajian strukturalisme levi-strauss

Feblianita, Intania Dea (2020) Fenomena nglangkahi dalam perkawinan di Desa Mangunrejo Kecamatan Kebonagung Kabupaten demak: kajian strukturalisme levi-strauss. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_INTANIA DEA FEBLIANITA_1604016062]
Preview
Text (SKRIPSI_INTANIA DEA FEBLIANITA_1604016062)
1604016062_Intania Dea Feblianita_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berisi tentang fenomena nglangkahi di Desa Mangunrejo Kebonagung Demak. Nglangkahi merupakan suatu sistem adat perkawinan di mana adik melakukan perkawinan terlebih dahulu dibanding kakak. Peneliti tertarik dengan permasalahan tersebut, sehingga mencoba menggunakan perspektif strukturalisme Levi-Strauss untuk melihat makna serta struktur di dalam fenomena nglangkahi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, sedangkan metode pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, serta dokumentasi. Penelitian ini bermaksud untuk menunjukkan bahwa kepercayaan terhadap fenomena nglangkahi bukan hanya sekedar kepercayaan, namun nglangkahi bisa saja disebut sebagai mitos yang dikemas oleh tradisi. Penelitian terhadap fenomena nglangkahi dapat disimpulkan bahwa makna-makna yang menaungi tidak dapat berdiri sendiri. Makna tidak bisa hanya dilihat dari segi agama ataupun sosial, namun terdiri dari berbagai sudut sehingga membentuk satu kesatuan. Strukturalisme Levi-Strauss juga memiliki peran penting untuk melihat struktur dalam maupun permukaan dalam fenomena nglangkahi. Aturan nglangkahi bukan aturan perkawinan yang berasal dari Tuhan, namun hasil nalar manusia dalam membentuk suatu kebudayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tradisi; Adat Istiadat; Nglangkahi; prosesi perkawinan Jawa
Subjects: 300 Social sciences > 390 Customs, etiquette, folklore > 392 Customs of life cycle and domestic life
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 05 Jun 2021 07:19
Last Modified: 05 Jun 2021 07:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13077

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics