Kajian tafsir di media online : analisis penafsiran Al-Qur’an di situs muslim.or.id dan islami.co

Falah, Muhammad Zainul (2020) Kajian tafsir di media online : analisis penafsiran Al-Qur’an di situs muslim.or.id dan islami.co. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI _1604026022_MUHAMMAD_ZAINUL_FALAH                       _]
Preview
Text (SKRIPSI _1604026022_MUHAMMAD_ZAINUL_FALAH _)
1604026022_M. Zainul Falah_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kajian tafsir di era internet seperti sekarang ini tidak hanya sebatas pentransformasian dari cetak ke digital, tetapi juga ada media online yang mulai memasukkan kajian tafsir di dalamnya. Beberapa media online memiliki cara dan pemikiran yang berbeda dalam melakukan kajian tafsirnya. Ada yang isi tafsirnya dikaji secara kontekstual dan progresif, namun tidak sedikit pula yang kajiannya cenderung konservatif dan justru terkesan provokatif. Dalam penelitian ini, penulis mengambil dua media online yang menyajikan kajian tafsir di dalamnya, yatu situs muslim.or.id dan islami.co. Sejauh pengamatan penulis, kajian tafsir di kedua situs tersebut memiliki karakteristik yang berbeda, mulai dari metode penyajian hingga ideologi yang digunakan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui seperti apa metode penyajian dan pendekatan yang digunakan dalam kajian tafsir dalam kedua situs di atas. Selain itu juga untuk mengetahui apa ideologi penafsiran yang banyak digunakan dalam kedua situs tersebut. Untuk menjawab bagaimana kajian tafsir yang ada di kedua situs tersebut, penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analisis untuk mengolah dan menganalisis data dari kajian tafsir yang di kedua situs.
Sepanjang pengamatan dan penelitian penulis, hasilnya menunjukkan bahwa metode penyajian tafsir dalam kedua situs tersebut sedikit berbeda. Metode penyajian tafsir di situs muslim.or.id hanya berbasis ayat dan tematik, sementara islami.co juga memasukkan metode penyajian berbasis surat dalam kajian tafsir. Selain itu, dalam kajian tafsirnya, muslim.or.id lebih banyak menggunakan pendekatan secara tekstual. Hal itu terlihat dalam beberapa kajian tafsirnya yang hanya mengandalkan penafsiran berdasarkan riwayat tanpa memperhatikan konteks sosio-historis turunnya suatu ayat. Sedangkan situs islami.co lebih menggunakan pendekatan secara kontekstual. Hal itu tercermin pada topiktopik kajian tafsirnya yang beraneka ragam. Islami.co menggunakan berbagai sudut pandang dalam menafsirkan suatu ayat untuk mendapatkan tafsir yang objektif. Mulai dari asbabun nuzul, keadaan sosial masyarakat pada saat turunnya ayat dan diaplikasikan sesuai dengan keadaan saat ini. Adapun ideologi yang digunakan dalam menafsirkan Al-Qur’an, antara muslim.or.id dan islami.co sangat berbeda. Karena pendekatan yang digunakan terkesan tekstual, muslim.or.id lebih mengarah ke ideologi salafi-wahabi yang cenderung konservatif dan banyak mengkaji serta menolak persoalan bid’ah, tabarruk dan tawasul. Alhasil, kajian tafsir di situs muslim.or.id sedikit arogan dan provokatif. Berbeda dengan islami.co yang lebih condong berideologi sunni dan melihat perkembangan Islam secara progresif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tafsir; Media Online; Muslim.or.id; islami.co
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 19 Jun 2021 07:26
Last Modified: 13 Nov 2021 02:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13082

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics