Musyarifah, Nafida (2020) Analisis pengaruh kontrol diri, financial literacy, dan jenis kelamin terhadap pengelolaan keuangan individu mahasiswa : study kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang angkatan 2017-2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605026181_Nafida musyarifah_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1605026181_Nafida musyarifah_lengkap)
1605026181_Nafida Musyarifah_Full Skripsi - NAFIDA MUSYARIFAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan keuangan sangatlah penting untuk dimiliki setiap individu. Karena dengan adanya pengelolaan keuangan maka seseorang dapat mengatur keuangannya sendiri untuk tercapainya masa depan yang sejahtera dan terhindar dari berbagai masalah keuangan. Selain itu, dapat memutuskan keuangan dengan bijaksana dan tepat. Untuk menanamkan pengelolaan keuangan dengan baik dalam diri individu, maka perlu untuk membiasakan diri terhindar dari perilaku boros dan memulai untuk mengaplikasikan sikap keuangan yang baik. Tujuan penelitian ini guna mengetahui dan menganalisis pengaruh kontrol diri, financial literacy, dan jenis kelamin terhadap pengelolaan keuangan individu mahasiswa FEBI.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FEBI angkatan 2017-2019.. Dengan sampel penelitian yang berjumlah 95 responden, yang diambil dari rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5% dengan menggunakan data primer dan sekunder. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan pengolahan data menggunakan program SPSS. Variabel independennya itu variabel kontrol diri, financial literacy, dan jenis kelamin. Sedangkan variabel dependennya adalah pengelolaan keuangan individu mahasiswa FEBI.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel kontrol diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan individu mahasiswa FEBI, variabel financial literacy tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan individu mahasiswa FEBI, dan variabel jenis kelamin juga tidak berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan individu mahasiswa. Kemudian, secara bersama-sama variabel kontrol diri, financial literacy, dan jenis kelamin berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan individu mahasiswa. Dengan bukti bahwa nilai F hitung sebesar 13,492 lebih besar dari F tabel sebesar 2,70 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Sedangkan, hasil nilai koefisien determinasi R square berpengaruh sebesar 30,8%. Artinya, secara keseluruhan variabel kontrol diri, financial literacy, dan jenis kelamin berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan individu mahasiswa sebesar 30,8%, dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain dari luar penelitian ini sebesar 69,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kontrol diri; Literasi keuangan; Financial literacy; Jenis kelamin; Pengelolaan keuangan; Mahasiswa
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.4 Uang
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 24 Jun 2021 23:02
Last Modified: 03 Jul 2021 02:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13084

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics