Pengaruh literasi aplikasi online DANA dan intensitas konsumsi mahasiswa terhadap tingkat daya beli mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang angkatan 2016 - 2017

Rahma, Indah karunia (2020) Pengaruh literasi aplikasi online DANA dan intensitas konsumsi mahasiswa terhadap tingkat daya beli mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang angkatan 2016 - 2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605026171_Indah Karunia_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1605026171_Indah Karunia_lengkap)
1605026171_INDAH KARUNIA_FULL SKRIPSI - Indah Rahma.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Secara perlahan kemajuan dalam perekonomian Indonesia semakin menjamur dalam layanan dan fasilitas Aplikasi Online atau Pembayaran Non Tunai sejak saat itu. Sistem pembayaran ini memegang peranan sangat penting sebagai perekonomian suatu negara. Dengan seiring pertumbuhan dan perkembangan perekonomian yang semakin modern ini, manusia dalam memenuhi kebutuhannya dapat terjadi adanya transaksi pembayaran yang dilakukan secara online atau melalui media digital yang sering kali digunakan masyarakat karena dianggap membantu dan dinilai mudah dalam transaksi pembayaran terhadap pembelian atau pembayaran online. Apabila sistem pembayaran berjalan dengan baik dan dengan adanya suatu permasalahan maka akan merusak kestabilan perekonomian suatu negara tersebut. Sistem pembayaran yang efisien dapat diukur dari kemampuan dalam menciptakan biaya yang minimal untuk memperoleh manfaat dari kegiatan transaksi. Karena kegiatan transaksi sangat penting dalam pertumbuhan perekonomian, dimana kegiatan tersebut untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam membeli sesuatu yang dibutuhkan dan dimana daya beli akan mengalami kondisi peningkatan atau penurunan dengan adanya permintaan yang muncul disertai dengan kemampuan membayar konsumen.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar pengaruh variabel – variabel terhadap tingkat daya beli yang ada di FEBI UIN Walisongo Semarang Angkatan 2016 – 2017. Variabel tersebut antara lain : Literasi Aplikasi Online DANA dan Intensitas Konsumsi. Penelitian ini diambil dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Dimana populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah Mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang Angkatan 2016 - 2017. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan rumus slovin, dan pengambilannya menggunakan teknik non-problability sampling yaitu accedental sampling, yaitu dimana pengambilan responden yang dilakukan secara tidak sengaja pada mahasiswa. Dan menghasilkan sampel sebanyak 91 responden. Teknik pengumpulan data tersebut dengan menyebarkan kuesioner. Sedangkan untuk mengolah data penulis menggunakan IBM SPSS Versi 24.
Dari penelitian ini menghasilkan Literasi Aplikasi Online DANA (X1) berpengaruh negatif terhadap tingkat daya beli mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang Angkatan 2016 - 2017. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t yang diperoleh nilai t hitung sebesar -6.495 lebih besar dari nilai t 1.671 dengan signifikansi 0.00 lebih kecil dari taraf signifikansi 0.05. Sedangkan Intensitas Konsumsi (X2) berpengaruh positif dan signifikansi terhadap tingkat daya beli Mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang Angkatan 2016 – 2017. Hal ini dilihat dari hasil uji t yang diperoleh nilai t hitung sebesar 7.947 yang lebih besar dari nilai t 1.671, dengan signifikansi 0.00 lebih kecil dari taraf signifikansi 0.05. Jumlah hasil dari koefisien determinasi sebesar 0.419 hal ini berarti sebesar 41.9% dari variasi tingkat daya beli yang dijelaskan oleh kedua variabel independen, Literasi Aplikasi Online DANA dan Intensitas Konsumsi. Sisanya yaitu 58.1% yang berpengaruh terhadap faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Literasi keuangan; Teknologi keuangan; Fintech; Aplikasi online DANA; Intensitas konsumsi; Daya beli; Mahasiswa
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.4 Uang
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 26 Jun 2021 03:38
Last Modified: 05 Jul 2021 03:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13085

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics