Strategi komunikasi dakwah Kyai Husein Muhammad dalam upaya memperjuangkan kesetaraan gender

Avivah, Avivah (2020) Strategi komunikasi dakwah Kyai Husein Muhammad dalam upaya memperjuangkan kesetaraan gender. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601026011_DEWI_AVIVAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1601026011_DEWI_AVIVAH)
SKRIPSI_1601026011_DEWI_AVIVAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (750kB) | Preview

Abstract

Pada era saat ini kesetaraan gender bukan lagi sebuah hal yang asing di telinga masyarakat Indonesia, akan tetapi tidak semua masyarakat memahami dan menyadari mengapa kesetaraan gender ini penting untuk diwujudkan dan di perjuangkan. Kyai Husein Muhammad adalah salah satu sosok tokoh agama yang dikenal namanya di seluruh Indonesia bahkan pada mancanegara, proses dakwah yang dilakukan oleh Kyai Husein bisa dibilang berbeda dengan sosok Kyai lainnya. Kyai Huseiin memiliki fokus perjuangan dakwah pada isu kesetaraan gender. Pengaruh seorang tokoh agama dalam ajakannya berbuat baik (Amar Ma’ruf Nahi Munkar) haruslah diketahui dan dipahami oleh masyarakat. konstruksi sosial dan budaya yang ada di Negara Indonesia sudah terbiasa meyakini bahwa narasi-narasi agama khususnya dalam teks keislaman menghadirkan sebuah tanda tanya besar ketika dibenturkan dengan konteks sosial yang terjadi hari ini seperti kekerasan, diskriminasi, dan lain-lainnya. Bagaimana strategi komunikasi dakwah Kyai Husein Muhammad dan metode apa saja yang digunakan oleh Kyai Husein Muhammad dalam upayanya memperjuangkan kesetaraan gender? Penelitian ini akan menjawab bagaimana strategi komunikasi dakwah yang digunakan oleh Kyai Husein Muhammad .Strategi komunikasi dakwah yang digunakan oleh Kyai Husein Muhammad dalam upaya memperjuangkan kesetaraan gender adalah dengan menyusun langkah strategi lebih dahulu yang terdiri dari mengenal khalayak, menyusun pesan, dan menetapkan metode komunikasinya. Setelah menyusun langkah strategi adalah menetapkan strategi komunikasi dakwah Kyai Husein yang terdiri dari strategi sentimental atau Al-manhaj al-athifi, strategi rasional atau Al-manhaj al-aqli, dan strategi Indrawi atau Al-manhaj al-hissy.
Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualittaif. Peneliti berusaha menggambarkan secara jelas strategi komunikasi dakwah yang Kyai Husein gunakan dan kemudian dianalisa untuk mendapatkan hasil berdasarkan tujuan penelitian. Pendekatan kualitatif ini menitik beratkan pada data-data penelitian yang akan dihasilkan berupa kata-kata melalui pengamatan dan wawancara.
Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan, bahwa menggunakan Strategi komunikasi dan metode dakwah, berhasil dilakukan oleh Kyai Husein Muhammad dalam upaya memperjuangkan kesetaraan gender dan hasil yang diperoleh cukup baik, hal ini dapat dilihat dari lingkungan masyarakat dan lembaga-lembaga yang mendorong beliau untuk menjadi bagian diantaranya dalam menentukan kebijakan-kebijakan, serta narasi-narasi dakwah yang beliau sampaikan mendapatkan dukungan ppositif dari tokoh agama lainnya sebab dianggap menggunakan metode yang baru dan masih relevan untuk saat sekarang ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Komunikasi dakwah, Kesetaraan gender
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 26 Jun 2021 03:46
Last Modified: 26 Jun 2021 03:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13099

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics