Azzahra, Rahma Tiara (2020) Nilai-nilai akhlak dalam ceramah KH. Asrori : disiarkan ulang oleh siaran “Mutiara Hikmah” di radio Rasika USA 105.6 FM. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601026025_RAHMA_TIARA_AZZAHRA]
Preview
Text (SKRIPSI_1601026025_RAHMA_TIARA_AZZAHRA)
SKRIPSI_1601026025_RAHMA_TIARA_AZZAHRA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Akhlak merupakan salah satu ajaran islam yang memiliki kedudukan yang sangat penting, akhlak menjadi buah yang dihasilkan dari proses menerapkan aqidah dan syari’ah/ibadah. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa akhlak menempati posisi terpenting dalam islam sehingga semua ajaran agama selalu berpedoman pada akhlak. Tugas utama manusia hidup didunia ini adalah bagaimana berakhlak dengan baik, baik dengan sang pencipta , sesama manusia maupun dengan mahkluk hidup yang lainnya. Salah satunya dibulan suci Ramadhan Oleh karena itu, tugas Rasulullah SAW didunia ini tidak lain adalah menyempurnakan akhlak manusia. Sedangkan hubungan radio sebagai media dakwah, Radio Rasika USA 105.6 FM memiliki peran penting tersendiri dalam menyiarkan dakwah islam, dengan adanya program siaran “Mutiara Hikmah”yang berisi nilai-nilai agama dan perbuatan baik dan buruk sesama makhluk hidup yang lainnya. Berdasarkan latar belakang tersebut terjadi harapan dan keinginan berbenturan maka munculah sifat akhlak yang mana setiap manusia harus berakhlak baik terhadap semua mahkluk hidup dan sang khaliq, oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai akhlak dalam program siaran “Mutiara Hikmah di Radio Rasika USA 105.6 FM”.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi, yaitu program siaran radio “Mutiara Hikmah” yang dijadikan objek penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analisys) Oleh krippendorf. Metode analisis isi yang dilakukan merupakan teknik ilmiah ditujukan untuk mengetahui gambaran karakteristik isi.
Berdasarkan data yang diteliti, hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam program siaran”Mutiara Hikmah” di Radio Rasika USA 105.6 FM adalah nilai akhlak kepada allah: taat beribadah kepada allah, selalu mengingat kepada allah dikala susah maupun senang, cinta kepada allah. Nilai akhlak terhadap manusia: tidak menjelek-jelekkan dan tidak saling bermusuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Akhlak; Radio
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Poerwanto Poerwanto
Date Deposited: 26 Jun 2021 03:50
Last Modified: 26 Jun 2021 03:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13101

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics