Manajemen penyiaran program mimbar Islam di Ratih TV Kebumen

Nadhifah, Aimatun (2020) Manajemen penyiaran program mimbar Islam di Ratih TV Kebumen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601026045_AIMATUN_NADHIFAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1601026045_AIMATUN_NADHIFAH)
SKRIPSI_1601026045_AIMATUN_NADHIFAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kabupaten Kebumen memiliki stasiun televisi lokal dengan nama Ratih TV milik pemerintah Kabupaten Kebumen yang dikelola oleh Dinas Informasi Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kebumen. Program Mimbar Islam merupakan satu-satunya tayangan religi yang ditayangkan secara live. Sebuah konten atau tayangan televisi akan mempengaruhi bagaimana sikap masyarakat Kebumen, maka dari itu televisi diharapkan menayangkan tayangan-tayangan yang mendidik dan berdedikasi Islami. Lalu bagaimana manajemen penyiaran program acara Mimbar Islam di Ratih TV Kebumen?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan manajemen penyiaran program Mimbar Agama Islam di Ratih TV Kebumen. Jenis penelitian skripsi ini adalah kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif dengan objek penelitian yaitu program Mimbar Islam di Ratih TV Kebumen. Dalam penelitian ini, sumber data berasal dari orang-orang yang berhubungan dengan pelaksanaan penyiaran di Ratih TV.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penulis mendiskipsikan gambaran-gambaran dari obyek penelitian, mengenai manajemen penyiaran di Ratih TV Kebumen pada program acara Mimbar Islam.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen yang dilakukan oleh Ratih TV dalam program Mimbar Islam telah dilakukan dan dilaksanakan dengan kurang berhasil dan belum sesuai dengan yang diinginkan. Namun Ratih TV mengerti kekurangan atau kendala yang dimiliki untuk memproduksi program Mimbar Islam, karena Ratih TV merupakan Televisi lokal milik Pemerintah Kabupaten Kebumen dan bekerjasama dengan Kementrian Agama Kebumen dalam proses produksinya tidak dapat bertindak yang tidak diperintahkan dari Pemerintah. Karena Ratih TV hanya bersifat menyiarkan. Namun, hasil output nya baik dan dapat dipertahankan eksistensinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ratih TV; Mimbar Islam; Manajemen
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 26 Jun 2021 03:52
Last Modified: 26 Jun 2021 03:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13103

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics