Strategi program dakwah TVRI Jawa Tengah di era disrupsi

Gunawan, Syalma Arrofa Ibni (2020) Strategi program dakwah TVRI Jawa Tengah di era disrupsi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601026056_SYALMA_ARROFA_IBNI_GUNAWAN]
Preview
Text (SKRIPSI_1601026056_SYALMA_ARROFA_IBNI_GUNAWAN)
SKRIPSI_1601026056_SYALMA_ARROFA_IBNI_GUNAWAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan era digital mendisrupsi media televisi dengan munculnya media sosial yang tumbuh dimasyarakat. Hal ini mengubah pola konsumsi masyarakat yang marak terjadi dengan adanya dual screen yaitu melihat dua monitor secara bersamaan (televisi dan gawai) sehingga sebagai televisi publik lokal, TVRI Jawa Tengah berupaya mengembangkan program-program televisi khususnya program dakwah agar dapat diminati oleh masyarakat dan bersaing dengan media sosial di era disrupsi ini. Penelitian yang menjabarkan tentang strategi TVRI Jawa Tengah untuk menghadapi digitalisasi di era disrupsi.
Hasil penelitian ini menjawab bagaimana strategi program dakwah TVRI Jawa Tengah dalam menghadapi era disrupsi. Analisis merujuk pada teori Susan Tyler Eastman dan Douglas A. Ferguson berupa Selection (Pemilihan), Scheduling (Penjadwalan), Promosi, dan Evaluasi dalam upaya meningkatkan program dakwah.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif, menggunakan pendekatan fenomenologi, dengan menggunakan metode deskriptif, serta menggunakan metode analisis SWOT, yaitu dengan melihat kekuatan, peluang, tantangan, serta ancaman di era disrupsi. Menggunakan data berupa data primer dan data sekunder, penggalian data primer seperti wawancara dengan pihak TVRI Jawa Tengah bagian program dan pengembangan usaha, dan penggalian data sekunder berupa alat pendukung seperti dokumentasi berupa Standar Operasional Program (SOP), pola siaran di TVRI Jawa Tengah, pengukuran audiensi Nielsen TVRI Jawa Tengah, data profil, susunan organisasi TVRI Jawa Tengah, serta data penyiaran yang digunakan oleh TVRI Jawa Tengah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa TVRI Jawa Tengah dalam menghadai era disrupsi menggunakan strategi program dakwah, startegi komunikasi internal eksternal, srtategi program televisi khususunya program dakwah, serta strategi program khusus. Akan tetapi, dalam penerapan multiplatfrom atau penggunaan platfrom media sosial yang bermacam-macam dapat dikatakan kurang maksimal. Karena, jumlah penonton yang masih sedikit serta pengelolaan media sosial dalam menyajikan konten belum optimal. Meskipun demikian, TVRI Jawa Tengah sudah memiliki strategi untuk menghadapi era disrupsi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Disrupsi; Strategi dakwah; Program dakwah televisi publik; TVRI Jawa Tengah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 26 Jun 2021 03:53
Last Modified: 26 Jun 2021 03:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13104

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics