Bimbingan dan konseling Islam bagi lesbian warga binaan di Lapas Perempuan Kelas II A Semarang

Masruroh, Siti Ulfa Umi (2020) Bimbingan dan konseling Islam bagi lesbian warga binaan di Lapas Perempuan Kelas II A Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501016104_SITI_ULFA_UMI_MASRUROH]
Preview
Text (SKRIPSI_1501016104_SITI_ULFA_UMI_MASRUROH)
SKRIPSI_1501016104_SITI_ULFA_UMI_MASRUROH_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lembaga pemasyarakatan (LAPAS) Kelas II A di Semarang merupakan penjara bagi perempuan yang berkonflik dengan hukum. Di Lapas perempuan, tidak sedikit dari mereka yang merasa kesepian, ingin melampiaskan nafsunya. Seks merupakan suatu fitrah maupun kebutuhan yang harus dipenuhi. Pemenuhan tersebut memerlukan penyaluran secara wajar dan sesuai dengan nilai moral. Dorongan seksual yang tidak disalurkan secara wajar hanya akan menimbulkan pengaruh negatif yang menjadikan lesbian. Islam jelas melarang tindakan hubungan seksual sesama jenis. seseorang yang mengalami suatu kondisi penyimpangan tersebut, harus dibimbing dengan berbagai cara benar dengan bimbingan dan konseling Islam.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bimbingan dan konseling Islam bagi lesbian warga binaan di Lapas Perempuan Kelas II A Semarang dan faktor pendukung dan penghambat bimbingan dan konseling Islam bagi lesbian warga binaan di Lapas Perempuan Kelas II A Semarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian Bimbingan dan Konseling Islam adalah upaya membantu individu belajar mengembangkan fitrah dan atau kembali kepada fitrah, dengan cara memberdayakan iman, akal, dan kemauan yang dikaruniakan Allah SWT kepadanya untuk mempelajari tuntunan Allah dan rasul-Nya, agar fitrah yang ada pada individu itu berkembang dengan benar dan kukuh sesuai tutunan Allah. (1) Proses bimbingan dan konseling Islam adalah sebagai berikut : 1. Identifikasi masalah, NK berusia 26 tahun sudah menikah mempunyai satu anak, DO berusia 29 tahun sudah menikah mempunyai satu anak, HN berusia 25 tahun belum menikah, IN berusia 26 tahun belum menikah, CL berusia 31 tahun pernah menikah (janda), RK berusia 28 tahun pernah menikah. 2. Langkah Diagnosis, Faktor terjadinya lesbian di Lapas Perempuan Kelas II A Semarang berupa faktor lingkungan yang dialami oleh NK, DO, HN, IN, faktor hormon yang dialami CL, dan faktor traumatis RK.. 3. Langkah Prognosis, upaya Bimbingan dan Konseling Islam, tujuan bimbingan dan konseling Islam adalah membantu individu mewujudkan dirinya menjadi manusia seutuhnya agar mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat. 4. Langkah Terapi, pada tahap ini peran konselor adalah sebagai pendorong dan sekaligus pendamping bagi individu dalam mempelajari dan mengamalkan ajaran agama, dengan demikian diharapkan secara bertahap individu mampu membimbing dirinya sendiri. 5. Langkah Evaluasi dan Follow Up, melakukan kegiatan bimbingan dan konseling Islam setiap hari Rabu guna untuk mentindak lanjut proses konseling. (2) Faktor pendukung : adanya fasilitas untuk bimbingan dan konseling Islam yaitu dilakukan di musola, kegiatan yang sudah terjadwal dan disesuaikan dengan kondisi warga binaan, kedisiplinan pembimbing dalam membimbing warga binaan. Faktor penghambat : kurang adanya perhatian atau respon yang baik dari warga binaan, kurang adanya motivasi untuk memperbaiki diri, kurang bersungguh-sungguh dalam mengikuti bimbingan dan konseling Islam, kurang adanya dukungan orang-orang terdekat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan konseling Islam; Lesbian; Warga binaan; Lapas Perempuan
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 12 Jun 2021 06:51
Last Modified: 12 Jun 2021 06:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13108

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics