Problem interaksi sosial remaja dan solusinya di panti pelayanan sosial anak Kasih Mesra Demak

Pramitha, Desyana Rosa (2020) Problem interaksi sosial remaja dan solusinya di panti pelayanan sosial anak Kasih Mesra Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501016111_Desyana_Rosa_Pramitha]
Preview
Text (Skripsi_1501016111_Desyana_Rosa_Pramitha)
Skripsi_1501016111_Desyana_Rosa_Pramitha.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi penerima manfaat yang tinggal di panti asuhan, mereka diharuskan untuk bisa bersosialisasi dan berinteraksi langsung dengan seluruh penghuni panti. Mereka juga harus bisa mengikuti sistem dan aturan yang telah ditetapkan di panti. Namun karena penerima manfaat berasal dari status dan latar belakang yang berbeda-beda sehingga terdapat perbedaan karakter dan sifat dari masing-masing penerima manfaat. Hal tersebut menyebabkan beberapa penerima manfaat mengalami berbagai masalah terkait hubungan interaksi sosial baik dengan teman sesama panti, pembimbing, maupun lingkungannya dipanti. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problem atau permasalahan interaksi sosial remaja dan untuk mengetahui solusi dalam menangani problem interaksi sosial remaja di Panti Pelayanan Sosial Anak Kasih Mesra Demak dengan perspektif Bimbingan dan Konseling Islam.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan objek penelitiannya adalah penerima manfaat dan pembimbing yang berada di Panti Pelayanan Sosial Anak Kasih Mesra Demak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah mengolah data dan menganalisis data-data yang terkumpul menjadi data yang sistematik, teratur, terstruktur dan mempunyai makna.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, problem interaksi sosial remaja di Panti Pelayanan Sosial Anak Kasih Mesra Demak cukup beragam, diantaranya yaitu kesulitan dalam persahabatan, kesulitan memperoleh penyesuaian dalam kegiatan kelompok, kesulitan mewujudkan hubungan yang harmonis baik antara sesama penerima manfaat ataupun pembimbing di panti, dan kesulitan dalam menghadapi situasi sosial yang baru. Problem tersebut rata-rata disebabkan karena adanya sifat seseorang yang memang tergolong orang yang introvert, pemalu, dan takut menyampaikan pendapat sehingga ia sulit untuk memulai berinteraksi sosial, serta terdapat penerima manfaat yang sulit menyesuaikan dirinya di panti. Mudahnya penyesuaian diri seseorang tergantung pada kemampuan interaksi sosial yang baik. Apabila seseorang tidak memiliki kemampuan interaksi sosial yang baik maka akan mengganggu kehidupan mereka dalam proses sosialisasi dengan orang yang baru. Kedua, Panti Pelayanan Sosial Anak Kasih Mesra Demak telah melakukan berbagai kegiatan bimbingan dan konseling sebagai solusi dalam menangani problem interaksi sosial penerima manfaat. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan dengan maksimal karena telah terlihat adanya perubahan setelah adanya bimbingan dan konseling. Perubahan itu terlihat berdasarkan pantauan dari pembimbing panti bahwa terdapat perkembangan sikap baik fisik maupun psikis penerima manfaat. Setelah mengikuti kegiatan bimbingan dan konseling di panti penerima manfaat sudah bisa berubah dari yang awalnya pendiam dan suka menyendiri sekarang menjadi pribadi yang lebih berani berinteraksi dengan pembimbing dan temannya di panti, kemudian yang awalnya sulit menyesuaikan diri di panti sekarang sudah bisa berbaur dan bersosialisasi dengan baik di lingkungan panti. Karena dengan pandai berinteraksi sosial adalah hal yang sangat penting untuk menghadapi kehidupan nantinya ditengah-tengah masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Interaksi sosial; Remaja; Panti pelayanan sosial
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 305 Social groups
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 12 Jun 2021 06:57
Last Modified: 12 Jun 2021 06:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13110

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics