Studi analisis faktor-faktor penyebab kenakalan remaja di Desa Kuwaron Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan

Rizqi, Jauharatul Maknunah (2020) Studi analisis faktor-faktor penyebab kenakalan remaja di Desa Kuwaron Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501016113_Jauharatul_Maknunah_Rizqi]
Preview
Text (Skripsi_1501016113_Jauharatul_Maknunah_Rizqi)
Skripsi_1501016113_Jauharatul_Maknunah_Rizqi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masa remaja merupakan masa yang banyak mengalami perubahan baik jasmani, rohani, maupun pikiran. Remaja yang mampu mengurai dan menangani konflik identitas akan tampil sebagai individu yang mampu menerima diri sendiri, sebaliknya remaja yang gagal menangani konflik identitas mengalami kebingungan identitas sehingga ia menarik diri dan mengasingkan diri atau melarutkan diri ke dalam identitas teman sebaya yang dipilihnya. Masalah kenakalan remaja dewasa ini semakin dirasakan meresahkan masyarakat, baik dinegara-negara maju maupun Negara-negara yang sedang berkembang. Dalam kaitan ini, masyarakat Indonesia telah pula merasakan keresahan tersebut, terutama meraka yang berdomisili di kota-kota besar. Akhir-akhir ini masalah tersebut cenderung menjadi masalah nasional yang dirasakan semakin sulit untuk dihindari, ditanggulangi dan diperbaiki kembali.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif, kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kenakalan remaja di Desa Kuwaron, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan dan solusi untuk mengatasi kenakalan remaja di Desa Kuwaron Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa bentuk kenakalan yang sering dilakukan oleh remaja di Desa Kuwaron yaitu: seperti perkelahian/tawuran, minum-minuman keras, penyalahgunaan obat terlarang atau narkoba dan hamil diluar nikah/pergaulan bebas. Faktor yang menjadi penyebab kenakalan di Desa Kuwaron Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan adalah disebabkan oeh dua faktor yaitu faktor Internal dan faktor Eksternal, Faktor internal meliputi: rasa ingin tahu yang tinggi serta faktor mencari jati diri, kemudian faktor eksternal penyebab kenakalan remaja Di Desa Kuwaron adalah Faktor sosial budaya masyarakat faktor ekonomi, faktor peran perkembangan IPTEK yang berdampak Negatif dan kurangnya pelaksanaan ajaran-ajaran agama secara konsisten, upaya apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi kenakalan remaja adalah sebagai berikut: (1). Keluarga mendidik anak akanya dengan baik.(2). Masyarakat dan pemerintah desa saling bersinergi dalam hal kegiatan yang bersifat positif.(3). Penanaman nilai agama dan (4). Internet sehat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kenakalan remaja
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
300 Social sciences > 360 Social services; association > 364 Criminology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 12 Jun 2021 07:03
Last Modified: 12 Jun 2021 07:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13111

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics