Bimbingan agama Islam dalam meningkatkan pengetahuan agama jamaah kajian rutin di Yayasan Islam Nurus Sunnah Semarang

Saefurrizqy, Fahriza (2020) Bimbingan agama Islam dalam meningkatkan pengetahuan agama jamaah kajian rutin di Yayasan Islam Nurus Sunnah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501016129_Fahriza_Saefurrizqy]
Preview
Text (Skripsi_1501016129_Fahriza_Saefurrizqy)
Skripsi_1501016129_Fahriza_Saefurrizqy.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bimbingan agama Islam dalam meningkatkan pengetahuan agama jamaah kajian rutin di Yayasan Islam Nurus Sunnah Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan agama Islam pada jamaah dan untuk mengetahui bagaimana bimbingan agama Islam untuk jamaah kajian rutin dalam meningkatkan pengetahuan agama di Yayasan Islam Nurus Sunnah Semarang.
Penelitian ini menggunkan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian adalah para da’i atau ustadz yang berperan dalam bimbingan serta para jamaah kajian baik itu remaja, dewasa atau orangtua, sumber data sekunder pada penelitian ini adalah panitia kajian rutin, pihak pengurus tempat dilaksanakannya kajian rutin, website resmi Yayasan Islam Nurus Sunnah Semarang, kitab sebagai pembahasan pada kajian rutin, dokumentasi bimbingan serta dokumen atau arsip kegiatan kajian lainnya yang berkaitan dengan penelitian.. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data melalui tiga tahap model yaitu reduksi data, penyajian data, dan conclusion drawing.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan: pertama, Bimbingan agama Islam di Yayasan Islam Nurus Sunnah Semarang dilaksanakan setiap hari setelah sholat maghrib dan diakhiri dengan sholat isya berjamaah, setiap hari Ahad jam 10:00 WIB dan Senin Kamis yaitu pukul 17:00 WIB dan diakhiri dengan buka puasa bersama yang bertempat di Masjid Nurus Sunnah Semarang. Tujuan dari bimbingan agama Islam ini adalah untuk meningkatkan kualitas keilmuan bagi jamaah serta membekali jamaah dengan dasar-dasar ilmu agama Islam guna menjalani kehidupan sesuai dengan syariat Allah. Metode yang digunakan adalah metode langsung atau face to face dengan tiga metode yaitu ceramah, tanya jawab dan praktek serta metode tidak langsung melalui live streaming di media sosial. A apun materi yang diberikan yaitu pembahasan kitab Adabul Mufrod, Al Ushul Min Ilmil Ushul, Al Kabaair Imam Adz-Dzahabi, Kasyfus Syubuhat, At Toriq Ila Mahabatillah, Al-Fawaid dan Sirah Nabawiyah yang didalamnya termuat materi tentang aqidah, akhlak dan syariah serta pemberian penjelasan tentang kisah-kisah para sahabat guna memudahkan jamaah dalam menangkap serta memahami materi yang disampaikan. Kedua, bimbingan agama Islam di Yayasan Islam Nurus Sunnah Semarang mampu meningkatkan pengetahuan jamaah dengan adanya dorongan, nasehat, motivasi serta pemberian contoh dari kisah-kisah teladan di zaman Nabi dan penjelasan mengenai Al-Qur’an dan Hadits. Pemberian materi tentang wawasan ke-Islam-an yang mencakup materi aqidah serta materi akhlak membuat jamaah mengetahui tentang agama Islam yang mana pengetahuan tersebut akan terlihat dari sikap kepribadian yang stabil atau keistiqomahan dalam memeluk agama Islam, sifat tanggung jawab, dan sudah memahami kebermaknaan hidup dengan tujuan tercapainya kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan agama Islam; Pengetahuan agama; Jamaah; Kajian rutin; Majelis taklim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 12 Jun 2021 07:37
Last Modified: 12 Jun 2021 07:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13117

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics