Aktivitas dakwah forum komunikasi aktivis masjid Semarang : analisis strategi dakwah dan perubahan perilaku mad’u

Halimatussa’diyah, Halimatussa’diyah (2020) Aktivitas dakwah forum komunikasi aktivis masjid Semarang : analisis strategi dakwah dan perubahan perilaku mad’u. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1601016073_Halimatussadiyah]
Preview
Text (Skripsi_1601016073_Halimatussadiyah)
Skripsi_1601016073_Halimatussadiyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat para jama’ah untuk menghadiri kajian di Forum Komunikasi Aktivis Masjid Semarang padahal di masing-masing daerah mereka banyak majelis ta’lim yang memberikan dakwah tentang syari’at agama Islam dan perubahan perilaku oleh para mad’u setelah mengikuti kajian di Forum Komunikasi Aktivis Masjid Semarang. Fokus kajian dalam penelitian ini adalah aktivitas dakwah Forum Komunikasi Aktivis Masjid Semarang, dan menganalisis strategi dakwah Forum Komunikasi Aktivis Masjid Semarang serta perubahan perilaku para mad’u setelah mengikuti kajian di Forum Komunikasi Aktivis Masjid Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data pada penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Penelitian ini menganalisis data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian datan dan kesimpulan data.
Hasil penelitian ini yaitu (1) aktivitas dakwah Forum Komunikasi Aktivis Masjid Semarang meliputi beberapa program diantaranya adalah majelis supir angkot, majelis tukang ojek, majelis tukang parkir, kajian ibu sholihah semarang, kajian ukhuwah Islamiyah dan rumah ilmu. (2) Terdapat 3 strategi dakwah yang digunakan oleh Forum Komunikasi Aktivs Masjid Semarang. Bentuk strategi sentimentil diwujudkan dalam pemberian bantuan sosial kepada jama’ah supir angkot, tukang parkir dan tukang ojek. Pada strategi rasional diwujudkan dalam pemberian materi dakwah yang difokuskan untuk membentuk nalar kritis jama’ah sehingga mendapatkan pemahaman yang baru. Sedangkan strategi indrawi diwujudkan dalam bentuk praktik sosial yang dilakukan oleh jama’ah kajian ibu sholihah untuk memberikan jilbab dan pakaian syar’i kepada masyarakat yang membutuhkan (3) Para jama’ah yang mengikuti kajian di Forum Komunikasi Aktivis Masjid Semarang tidak seluruhnya mengalami perubahan perilaku dari segi pemamahaman, sikap dan psikomotoriknya, karena mereka masih berpegang teguh dengan prinsip dari organisasi masyarakat yang mereka ikuti. Namun beberapa jama’ah yang menunjukkan perubahan perilaku terjadi karena adanya penerimaan dari materi dakwah yang disampaikan oleh da’i. Perubahan perilaku yang terjadi kepada mad’u berpengaruh terhadap organisasi masyarakat Islam yang diikuti. Para mad’u lebih bersikap netral dalam berorganisasi dan tidak memihak pada organisasi manapun. Terdapat 3 aspek perubahan perilaku yang terjadi kepada para jama’ah di Forum Komunikasi Aktivis Masjid yakni pada aspek pemahaman, aspek sikap dan aspek perilaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aktivitas dakwah; Forum Komunikasi Aktivis Masjid; Strategi dakwah; Perubahan perilaku
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 12 Jun 2021 07:57
Last Modified: 12 Jun 2021 07:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13120

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics