Analisis bagi hasil muzara’ah usaha tani tembakau pada kesejahteraan keluarga petani penggarap dan pemilik lahan di Desa Kebonagung Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan

Rizqi, Miftahur (2020) Analisis bagi hasil muzara’ah usaha tani tembakau pada kesejahteraan keluarga petani penggarap dan pemilik lahan di Desa Kebonagung Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605026155_Miftahur_Rizqi] Text (Skripsi_1605026155_Miftahur_Rizqi)
Skripsi_1605026155_Miftahur_Rizqi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kerjasama dalam bidang pertanian Muzara’ah yang dilakukan oleh petani penggarap dan pemilik lahan di Desa Kebonagung dalam prakteknya tidak sesuai dengan prinsip ekonomi Islam. Terlihat jelas dalam pembagian hasilnya tidak disebutkan di awal ketika perjanjian disepakati dan Jangka waktu dalam melakukan kerjasama tidak disampaikan pada saat kedua belah pihak membuat perjanjian. Modal yang digunakan dalam kerjasama ini berasal dari pemilik lahan, penggarap hanya bertugas untuk mengelola lahan yang telah disediakan. Pada penelitian ini praktek kerjasama bagi hasil muzara’ah terdapat unsur ketidakjelasan atau gharar yang dilakukan oleh petani penggarap maupun pemilik lahan di Desa Kebonagung.
Pada bagi hasil muzara'ah memiliki peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya bagi para petani penggarap lahan, hal ini terlihat jelas bahwa petani penggarap yang sebelum melakukan kerjasama bagi hasil petani penggarap tergolong dalam keluarga sejahtera bahkan ada yang prasejarah. petani penggarap yang dulunya belum mampu memenuhi kebutuhan primernya, untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya petani penggarap melakukan pinjaman kepada warung, setelah melakukan kerjasama bagi hasil muzara'ah mampu memenuhi kebutuhan primer dan sekunder.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerjasama bagi hasil muzara’ah tanaman tembakau sesuai dengan prinsip ekonomi Islam atau belum. Selain itu untuk mengetahui bagi hasil dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga petani penggarap dan pemilik lahan di Desa Kebonagung Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerjasama bagi hasil muzara’ah yang dilakukan oleh para petani penggarap dan pemilik lahan sebagian ada yang sudah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam, bagi hasil yang dilakukan belum sesuai dengan prinsip ekonomi Islam yaitu terletak pada segi akad yang kurang jelas, lamanya waktu dalam kerjasama, persentase bagi hasil tidak disebutkan pada awal akad, perjanjian tidak dilakukan secara tertulis, dan tidak adanya transparansi dari penggarap kepada pemilik lahan. Bagi hasil dari kerjasama pertanian yang lebih dikenal dengan istilah maro atau mertelu didesa kebonagung memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani, baik itu pemilik lahan dan khususnya bagi petani penggarap. Dengan adanya kerjasama muzara’ah bagi hasil dibidang pertanian ini memberikan dampak positif bagi para penggarap lahan. Serta dapat menjadi peluang bagi para pengangguran untuk lapangan pekerjaan. Petani penggarap maupun pemilik lahan dapat hidup dengan layak dan sejahtera dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bahkan petani penggarap mendapatkan penghasilan dari kerjasama bagi hasil lebih untuk ditabung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kerjasama; Bagi hasil; Muzara’ah; Kesejahteraan; Petani penggarap; Pemilik lahan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 26 Jun 2021 03:55
Last Modified: 26 Aug 2023 02:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13121

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics