Analisis dampak pengembangan pariwisata terhadap pemberdayaan masyarakat dalam prespektif ekonomi Islam: studi pada objek pariwisata Pantai Istambul Desa Tambakbulusan Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak

Izzah, Isna Aimatul (2020) Analisis dampak pengembangan pariwisata terhadap pemberdayaan masyarakat dalam prespektif ekonomi Islam: studi pada objek pariwisata Pantai Istambul Desa Tambakbulusan Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605026133_Aimatul Izzah_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1605026133_Aimatul Izzah_lengkap)
1605026133-Isna Aimatul Izzah-Full Skripsi - aimi zza.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan Masyarakat merupakan aspek penting dalam pengembangan pariwisata. Hal ini dikarenakan pengembangan pariwisata banyak memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki oleh masyarakat. Masyarakat memiliki peran penting untuk menunjang keberhasilan pengembangan pariwisata sehingga masyarakat yang tidak berdaya (powerless) perlu diberdayakan untuk menciptakan kemandirian dan peningkatan kesejahteraan ekonomi (powerfull).
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai bentuk-bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan pariwisata yang berdampak pada lini sosial-budaya maupun peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat sekitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dimana prosedur penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan orang-orang yang diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara (indepth interview), observasi, dan dokumentasi. Dengan sumber data Pemerintah Kabupaten Demak, Pengelola Pantai Glagah Wangi Istambul dan masyarakat sekitar.
Potensi pengembangan pariwisata terhadap pemberdayaan masyarakat pada objek wisata Pantai Glagah Wangi Istambul, jika dilihat dari perspektif Ekonomi Islam, maka Pariwisata di Pantai Glagah Wangi Istambul dapat memperbaiki aspek-aspek mengenai Ekonomi Islam seperti pengawasan pengunjung yang bisa saja berbuat maksiat dan membawa minuman keras dll.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pariwisata; Pemberdayaan masyarakat; Ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq)
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
900 Geography and history > 910 Geography and travel
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 26 Jun 2021 03:57
Last Modified: 03 Jul 2021 01:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13124

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics