Efektivitas metode pembelajaran bingo dalam meningkatkan pemahaman materi haji pada mapel fiqih kelas viii di MTSN 2 Kendal

Sofiyah, Mega Ayu (2020) Efektivitas metode pembelajaran bingo dalam meningkatkan pemahaman materi haji pada mapel fiqih kelas viii di MTSN 2 Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016123_MEGA_AYU_SOFIYAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1603016123_MEGA_AYU_SOFIYAH)
1603016123_Mega Ayu Sofiyah_Lengkap Tugas Akhir - Mega Ayu Sofiyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran yang dilakukan guru selama ini kurang bervariasi dan guru kurang maksimal dalam menggunakan media pembelajaran sehingga siswa pasif karena kurang tertarik dalam pembelajaran dan berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Untuk itu peneliti melakukan penelitian mengenai Efektivitas Metode Pembelajaran BINGO dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Haji pada Mapel Fiqih Kelas VIII di MTs N 2 Kendal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs N 2 Kendal yang terdiri dari delapan kelas. Teknik sampling menggunakan simple random sampling, dengan sampel kelas VIII-A yang terdiri dari 25 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D yang terdiri dari 28 peserta didik sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian berupa tes. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan pengujian hipotesis peneliti menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran BINGO sangat efektif untuk meningkatkan pemahaman materi Haji pada mapel Fiqih kelas VIII. di MTs N 2 Kendal. Hal ini ditunujukan berdasarkan uji perbedaan rata-rata t-test. Diperoleh t hitung = 2,214 dan t tabel = 2,008 dengan taraf nyata 5% dan dk = 51. Karena t hitung lebih besar dari t tabel maka t hitung berada pada daerah penerimaan Ha. Jadi H0 : μ1 ≤ μ2 ditolak, dan Ha : μ1 > μ2 diterima. Artinya, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran BINGO lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensioanal.
Berdasarkan data yang diperoleh, hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran BINGO memperoleh rata-rata hasil belajar = 80,06, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran konvensioanal = 70,32. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode pembelajaran BINGO sangat efektif untuk meningkatkan pemahaman materi Haji pada mapel Fiqih kelas VIII di MTs N 2 Kendal tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Bingo; MTS; Pemahaman materi; Fikih
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 14 Jun 2021 03:01
Last Modified: 14 Jun 2021 03:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13126

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics