Toleransi beragama dalam tujuan pendidikan Islam : perbandingan antara pandangan Ahmad azhar basyir dengan Nurcholish madjid

Masudah, Ami (2020) Toleransi beragama dalam tujuan pendidikan Islam : perbandingan antara pandangan Ahmad azhar basyir dengan Nurcholish madjid. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016165_AMI_MASUDAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1603016165_AMI_MASUDAH)
1603016165_Ami Masudah_Full Skripsi - Ami Masudah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (854kB) | Preview

Abstract

Toleransi beragama ada relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam, hal ini tergambar dari tujuan pendidikan Islam bahwa tujuan pendidikan Islam secara filosofis di antaranya adalah menanamkan sikap hubungan yang seimbang dan selaras dengan Tuhannya; membentuk sikap hubungan yang harmonis, selaras, dan seimbang dengan masyarakatnya.Permasalahan dalam penelitian sebagai berikut: bagaimana konsep toleransi beragama dalam tujuan pendidikan Islam menurut Ahmad Azhar Basyir?Bagaimana konsep toleransi beragama dalam tujuan pendidikan Islam menurut Nurcholish Madjid?Bagaimana perbandingan konsep toleransi beragama dalam tujuan pendidikan Islam antara pandanganAhmad Azhar Basyir dan Nurcholish Madjid?
Metode penelitian ini menggunakan-jenis penelitian library research, dan studi pemikiran tokoh.Data Primer yaitu karya Ahmad Azhar Basyir,Beragama Secara Dewasa (Akidah Islam).Nurcholish Madjid, Islam Agama Kemanusiaan Membangun Tradisi dan visi Baru Islam Indonesia.Data Sekunder yaitu sejumlah literatur yang relevan dengan judul ini.Analisis data yaitu deskriptif analisis dan komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi metode Nurcholish Madjid menggunakan pendekatan filsafat, Ahmad Azhar Basyir pendekatan fiqih/hukum Islam. Kedua, dari aspek penerapan, perspektif Nurcholish Madjid toleransi beragama harus dikembangkan melalui dialog antar agama dan pendidikan, sedangkan menurut Azhar Basyir cukup dikembangkan melalui jalur pendidikan. Persamaannya yaitu kedua tokoh tersebut menganggap bahwa toleransi beragama merupakan agenda nasional bahkan internasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Toleransi, pendidikan Islam; Ahmad Azhar Basyir; Nurcholish Madjid.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 14 Jun 2021 03:38
Last Modified: 14 Jun 2021 03:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13136

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics