Islamic parenting untuk mengurangi dampak penggunaan gadget pada anak di Desa Kebanggan Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang

Laeli, Zahfiyatul (2020) Islamic parenting untuk mengurangi dampak penggunaan gadget pada anak di Desa Kebanggan Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601016139_ZAHFIYATUL_LAELI]
Preview
Text (SKRIPSI_1601016139_ZAHFIYATUL_LAELI)
SKRIPSI_1601016139_ZAHFIYATUL_LAELI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Islamic Parenting Untuk Mengurangi DampakPenggunaan Gadget Pada Anak Di Desa Kebanggan Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang. Pentingnya mengkaji tulisan ini untuk mengetahui bagaimana orang tua memiliki cara pengasuhan tersendiri dalam mengasuh anaknya. Orang tua (Islamic parenting) merupakan cara pengasuhan orang tua untuk mendidik, membimbing, merawat, memelihara dan mengarahkan anak secara Islam untuk membentuk akhlaqul karimah anak. Sebagai orang tua (Islamic parenting) tentunya dapat mengurangi penggunaan gadget pada anak dengan menerapkan perilaku-perilaku yang baik dalam Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan gadget pada anak dan bagaimana pola asuh Islami (Islamic parenting) untuk mengurangi penggunaan gadget pada anak di desa Kebanggan kecamatan Moga kabupaten Pemalang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian di desa Kebanggan kecamatan Moga kabupaten Pemalang menunjukan pertama, dampak penggunaan gadget pada anak yaitu anak suka menunda-nunda waktu, nafsu makan hilang, menunda-nunda waktu untuk melaksanakan sholat, dan malas belajar dan mengerjakan tugas sekolah. Dari segi waktu yang berpengaruh besar terhadap anak-anaknya, karena mereka ketika sudah asik dengan gadget jadi suka menunda-nunda waku. Selain itu anak juga menjadi kurang aktif dan kurang bergaul dengan teman sebayanya karena sudah asik bermain dengan gadget.Kedua, Islamic parenting untuk mengurangi dampak penggunaan gadget pada anak, yaitu: (a)Karakteristik memberi teladan, ditandai dengan orang tua memberikan contoh akhlak dan budi pekerti yang baik yang kemudian bisa dicontoh oleh anak; (b) Karakteristik memelihara anak, ditandai dengan menjaga dan memperhatikan pertumbuhan anak. Dengan memperhatikan apa yang di makan oleh anak terutama makan makanan yang halal dan tayyib karena untuk perkembangan potensi anak menjadi lebih baik; (c) Karakteristik membiasakan anak dengan perintah agama, ditujukan dengan pengasuhan orang tua yang membiasakan anak untuk melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslim yaitu untuk melaksanakan sholat dan mengaji.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Islamic parenting; Penggunaan gadget; Anak
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 14 Jun 2021 03:43
Last Modified: 14 Jun 2021 03:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13139

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics