Sinergitas peran guru akidah akhlak dan guru bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di MAN 2 Grobogan

Masruchin, Lisa Nurul Ummah (2020) Sinergitas peran guru akidah akhlak dan guru bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di MAN 2 Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016179_LISA_NURUL_UMMAH_MASRUCHIN]
Preview
Text (SKRIPSI_1603016179_LISA_NURUL_UMMAH_MASRUCHIN)
1603016179_Lisa Nurul U.M_Skripsi Full - lisa nurulummah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (958kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang sinergitas peran guru akidah akhlak dan bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di MAN 2 Grobogan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: bagaimana sinergitas peran guru akidah akhlak dan bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa. Penelitian ini merupakan studi deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah guru akidah akhlak, guru bimbingan konseling, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta studi dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kenakalan atau pelanggaran yang dilakukan siswa MAN 2 Grobogan adalah terlambat, membolos di jam pelajaran tertentu, tidak mengerjakan tugas dari guru dan merokok diluar lingkungan sekolah. Faktor pendukung dalam mengatasi kenakalan siswa meliputi: guru, dan peserta didik itu sendiri. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: orang tua, teman sebaya dan lingkungan.
Dalam hal ini guru akidah akhlak dan guru bimbingan kkonseling berperan penting dalam mengatasi kenakalan siswa di MAN 2 Grobogan. Yakni dengan berperan sebagai : sebagai pembimbing, sebagai motivator, sebagai konselor, dan peran tersebut telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan landasan pelayanan bimbingan konseling.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru akidah; bimbingan konseling; kenakalan siswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 14 Jun 2021 04:00
Last Modified: 14 Jun 2021 04:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13141

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics