Pengaruh luas lahan pertanian dan produktivitas pertanian terhadap jumlah tenaga kerja usaha tani di Jawa Tengah

Bahij, Alfian Abdul (2019) Pengaruh luas lahan pertanian dan produktivitas pertanian terhadap jumlah tenaga kerja usaha tani di Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505026038_Alfian_Abdul_Bahij]
Preview
Text (Skripsi_1505026038_Alfian_Abdul_Bahij)
Skripsi_1505026038_Alfian_Abdul_Bahij.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pertanian masih menjadi sektor ekonomi yang menarik dan menjanjikan bagi provinsi Jawa Tengah. Pertanian masih menjadi primadona dan salah satu sumber pembangunan dalam perekonomian, pertanian jawa tengah mampu memberikan pemasukan daerah yang tinggi dibandingkan dengan sektor lain. Selai itu pertanian Jawa Tercatat sebagai pertanian dengan produktivitas tertinggi ketiga di Indonesia setelah Jawa Timur dan Jawa barat. Dengan luas lahan dan prouktivitas yang cukup besar, Jawa Tengah mampu menyediakan dan menyerap lapangan tenaga kerja untuk kegiatan sektor pertanian. Sektor pertanian mejadi alternatif pemerintah dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi angka pengangguran di Jawa Tengah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh luas lahan pertanai dan produktivitas pertanian terhadap jumlah tenaga kerja usaha tani yang terjadi di Jawa tengah. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif dengan mengunakan teknik sampling purposive. Perhitungan dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS 16.0 (Statistical Package for Social Science).
Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa luas lahan pertanian memliki pengaruh secara parsial signifikan dan positif terhadap tenaga kerja usaha tani. Dan untuk produktivitas pertanian tidak memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap tenaga kerja sektor usaha tani. Selain itu secara simultan, luas lahan pertanian dan produktivitas pertanaina memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tenaga kerja usaha tani. Serta dar penelitian tersebut didapatkan fungsi persamaan regresi Y = 7.159 + 0.708X1 – 0.687X2 + e.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Luas lahan pertanian; Produktivitas pertanian; Jumlah tenaga kerja; Usaha tani; Jawa Tengah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 333 Land economics
600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 15 Jun 2021 04:04
Last Modified: 15 Jun 2021 04:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13157

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics