Pengaruh promosi, citra merek, dan harga terhadap keputusan pembelian hijab Ar Rafi di Han Shop Fashion Center Kaliwungu Kendal

Khasanah, Lukluatul (2020) Pengaruh promosi, citra merek, dan harga terhadap keputusan pembelian hijab Ar Rafi di Han Shop Fashion Center Kaliwungu Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505026054_Lukluatul_Khasanah]
Preview
Text (Skripsi_1505026054_Lukluatul_Khasanah)
Skripsi_1505026054_Lukluatul_Khasanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Selain diwajibkan dalam agama Islam, belakangan ini hijab juga telah diterima di dunia fashion sebagai aksesoris/pelengkap. Dengan kemajuan ini, banyak perancang busana yang lebih tertarik membuat desain hijab yang lebih beragam dan lebih stylist, maka dari itu lahirlah berbagai merek-merek hijab yang saling bersaing dalam mengukuhkan mereknya diposisi paling teratas pasar fashion hijab. Salah satunya yaitu hijab Ar Rafi. Pemasaran merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Dimulai dengan memahami kebutuhan dan keinginan konsumen. Jika sebuah perusahaan melakukan hal ini dengan baik, perusahaan akan meraih pangsa pasar, keuntungan dan ekuitas pelanggan yang baik. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian, beberapa dari faktor tersebut yaitu promosi, citra merek, dan harga.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, citra merek, dan harga terhadap keputusan pembelian hijab Ar Rafi di Han Shop Fashion Center Kaliwungu Kendal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah promosi, citra merek, dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pengolahan data berupa SPSS. Data dalam penelitian ini berupa data primer dengan 82 responden sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode non probability sampling. Teknik dan analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji instrumen, uji asumsi klasik, uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung masing-masing variabel bebas adalah 0,089 untuk promosi, 2,842 untuk citra merek dan 6,669 untuk harga. Sedangkan nilai t tabel adalah 1,990 (t hiung> t tabel) artinya bahwa variabel citra merek dan harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Hijab Ar Rafi di Han Shop Fashion Center Kaliwungu, sedangkan variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Hijab Ar Rafi di Han Shop Fashion Center Kaliwungu. Sedangkan dari hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,535 atau 53,5%, yang artinya pengaruh variabel independen (promosi, citra merek, dan harga) terhadap variabel dependen (keputusan pembelian) sebesar 0,535, ini menunjukkan bahwa kontribusi variabel-variabel independen adalah sebesar 53,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Promosi; Citra merek; Harga; Keputusan pembelian; Hijab
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 15 Jun 2021 04:44
Last Modified: 15 Jun 2021 04:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13162

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics