Tinjauan hukum Islam terhadap hak kepemilikan dedak dan katul di penggilingan padi ‘’SriRejeki’’ Desa Karangmalang Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal

Nisa’, Ana Khoirotun (2020) Tinjauan hukum Islam terhadap hak kepemilikan dedak dan katul di penggilingan padi ‘’SriRejeki’’ Desa Karangmalang Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602036076_Ana Khoirotun Nisa_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1602036076_Ana Khoirotun Nisa_lengkap)
1602036076_ANA KHOIROTUN NISA__Full Skripsi - Khoirotun Ana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penggilingan padi atau selepan adalah salah satu sarana bisnis produksi, karena mampu memproduksi atau mengolah gabah menjadi beras. Katul di Desa Karangmalang Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal mempunyai nilai ekonomis. Dedak dan katul yang ada dipenggilingan padi ‘’SriRejeki’’ bersumber dari para petani yang menggunakan jasa di penggilingan padi ‘’SriRejeki’’.Pihak penggilingan padi ‘’SriRejeki’’ menjadikan sisa hasil penggilinggan padi menjadi miliknya karena dianggap sampah yang tidak bernilai.Maka jika petani menggilingkan padinya secara otomatis sisa hasil penggilingan padi berupa dedak dan katul menjadi milik penyedia jasa penggilingan, petani boleh mengambil namun harus membeli dari penggilingan padi.Padahal sisa hasil penggilingan tentunya berasal dari gabah milik petani.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktek dan akad yang dilakukan di penggilingan padi ‘’SriRejeki’’ Desa KarangmalangKecamatan Kangkung Kabupaten Kendal, lalu bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap status kepemilikan dedak dan katul di penggilingan padi ‘’SriRejeki’’ Desa Karangmalang Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan(field research), yang bertujuan untuk mempelajari secara intensif latar belakang keadaan sekarang dan interaksi lingkungan suatu unit sosial bersifat apa adanya, individu, kelompok, lembaga atau masyarakat. Data yang digunakan meliputi data primer dari wawancarara langsung dengan petani padi/pelanggan, pengelola penggilingan padi ‘’SriRejeki’’. Sedangkan data sekunder diperoleh dari data tertulis berupa data monografi Desa Karangmalang dan dokumen-dokumen lain yang terkait.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan pendekatan petunjuk umum wawancara serta menggunakan sampel dengan jenis purposive sampling.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis.
Hasil penelitian ini menunjukanbahwa pelaksanaan akad pada penggilingan padi ‘’SriRejeki’’ Desa Karangmalang Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal menerapkan akadijarah(sewa jasa) dengan upah bernilai uang.Secara ’urf,kepemilikan dedak dan katul bisa dijadikan landasan hukum karena ‘urf tersebut termasuk ‘urf shahih yaitu adat kebiasaan tersebut sudah berlangsung cukup lama di Desa Karangmalang, dan selama itu tidak pernah ada pertentangan antara pemilik padi dan pemilik jasa penggilingan mengenai status kepemilikan dedak dan katul karena kedua belah pihak sudah saling rela.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penggilingan padi SriRejeki; Gabah; Dedak; Katul; Ijarah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Jul 2021 14:08
Last Modified: 14 Jul 2021 14:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13179

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics