Tinjauan hukum Islam terhadap praktik arisan dengan patokan harga rokok di Desa Kuwaron Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan

Puspitasari, Erlita (2020) Tinjauan hukum Islam terhadap praktik arisan dengan patokan harga rokok di Desa Kuwaron Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_132311101_Erlita puspitasari_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_132311101_Erlita puspitasari_lengkap)
132311101_ERLITA PUSPITASARI_FULL SKRIPSI - rasad abduh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman arisan juga mengalami perkembangan dalam hal mekanisme yang diterapkan, seperti halnya arisan undian dengan patokan harga rokok di Desa Kuwaron Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan yang didalamnya terdapat penambahan uang penyetoran arisan setiap periodenya. Arisan ini dilakukan satu tahun tiga atau empat kali pertemuan , tergantung masa panen. Karena waktu pengundian dan uang setoran iuran berasal dari hasil panen. Dalam arisan ini setiap anggota wajib menyetorkan iuran arisan yang berbeda-beda untuk setiap pertemuan tergantung naik tidaknya harga rokok pada saat itu. Patokannya adalah harga rokok merk Gudang Garam satu slop. Sehingga, uang yang diterima anggota arisan pada saat pengundian dilakukan tidak akan sama jumlahnya setiap periodenya. Adanya tambahan yang berkelipatan ini berdasarkan kebiasaan dan asumsi masyarakat bahwa nilai tukar rupiah untuk suatu barang akan menurun dimasa yang akan datang.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana praktik arisan dengan patokan harga rokok di Desa Kuwaron Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. 2) Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap praktik arisan dengan patokan harga rokok di Desa Kuwaron Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan.
Dalam penulisan ini penulis menggunakan penelitian lapangan (field reseach) yaitu mengumpulkan data yang dilakukan dengan penelitian di tempat terjadinya segala yang diselidiki. Mengenai waktu dan tempat penelitian dilakukan di Desa Kuwaron Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi.
Dari penelitian yang penulis lakukan menghasilkan beberapa temuan yang pertama, bahwa praktik arisan dengan patokan harga rokok di Desa Kuwaron Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan menggunakan akad utang-piutang karena terdapat kreditur dan debitur didalamya. Dan juga adanya kewajiban untuk iuran dan kewajiban untuk mengangsur kembali bagi mereka yang sudah mendapatkan arisan lebih awal. Kedua, bahwa tambahan iuran dalam arisan termasuk riba dalam utang-piutang karena tambahan tersebut muncul dari lamanya tempo pengundian arisan dan naiknya harga rokok yang belum tentu kepastiannya karena sering berubah-ubah. Arisan dengan sistem patokan harga rokok sudah menjadi kebiasaan masyarakat Desa Kuwaron namun arisan seperti itu hanya untuk mencari keuntungan semata. Menurut penulis, pandangan hukum Islam terhadap praktik arisan dengan patokan harga rokok di Desa Kuwaron Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan arisan tersebut sama dengan utang-piutang mengandung riba yang hukumnya dilarang dalam al-Qur’an dan Hadits.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Arisan; Patokan harga rokok; Al-Qardh; Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 21 Aug 2021 01:28
Last Modified: 21 Aug 2021 01:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13183

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics