Tinjauan hukum Islam terhadap tukat menukar uang rusak dengan uang baru : studi kasus pedagang di pasar rakyat Sido Makmur Blora

Utami, Nur Rochma Isti (2020) Tinjauan hukum Islam terhadap tukat menukar uang rusak dengan uang baru : studi kasus pedagang di pasar rakyat Sido Makmur Blora. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_132311091_Nur rochma isti utami_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_132311091_Nur rochma isti utami_lengkap)
132311091_NUR ROCHMA ISTI UTAMI_FULL SKRIPSI - Nrachmaisti una.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Uang dalam hukum Islam tidak dianggap sebagai komoditas yang dapat diperjualbelikan sebagaimana dalam sistem perekonomian konvensional. Jika untuk pengecualian uang harus dipertukarkan dengan uang, maka pembayaran yang dilakukan harus seimbang. Berangkat dari suatu kegiatan uang rusak yang terjadi di Pasar Rakyat Sido Makmur Blora yang dilakukan oleh para penukar uang rusak keliling dan para pedagang serta pihak-pihak lain yang terlibat transaksi uang rusak tersebut. Dimana dalam praktik tukar menukar uang rusak akan dihargai setengah harga dari nominal uang rusak dan ditentukan dari jumlah kerusakannya. Dalam pelaksanan tukar menukar uang rusak di Pasar Rakyat Sido Makmur Blora, dimana pedagang atau pihak lain yang mempunyai uang rusak ditukarkan kepada penukar uang rusak kemudian membelinya dengan berdasarkan jumlah dan jenis kerusakannya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Pandangan Hukum Islam terhadap praktik tukar menukar uang rusak dengan uang baru oleh para pedagang di Pasar Rakyat Sido Makmur Blora.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research), adapun sifat penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi serta dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa transaksi tukar menukar uang rusak yang terjadi di Pasar Rakyat Sido Makmur Blora jika dikomparasikan dengan prinsip dan hukum Islam maka tukar menukar uang rusak ini sangat bertentangan dengan dengan prinsip dan hukum Islam dimana saat terjadinya tukar menukar uang rusak tersebut para pembeli uang rusak tidak menyebutkan akan penukaran yang penuh jika uang rusak tersebut ditukarkan kembali pada Bank Indonesia. Dari penelitian yang penulis lakukan menghasilkan beberapa temuan yang pertama, bahwa kekecewaan pedagang karena mendapatkan uang rusak/sobek karena terkadang pembeli menolak uang tersebut sebagai upah kembalian. Kedua, penetapan harga tukar uang rusak yang terkadang membuat para pedagang (penukar uang rusak) kecewa karena tidak sesuai nominal yang mereka tukar. Selain bertentangan dengan prinsip dan Hukum Islam serta mengakibatkan kerugian, namun pada tukar menukar uang rusak ini juga mengandung unsur ribawi dikarenakan adanya pertukaran yang tidak setara serta pengurangan nilai yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tukar menukar uang; As-sharf; Uang; Hukum ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 31 Aug 2021 02:15
Last Modified: 31 Aug 2021 02:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13184

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics