Indarti, Retno (2020) Kesempatan kerja dan perlindungan hukum bagi tenaga kerja penyandang disabilitas: studi kasus di PT Samwon Busana Indonesia Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602056059_RETNO_INDARTI]
Preview
Text (SKRIPSI_1602056059_RETNO_INDARTI)
SKRIPSI_1602056059_RETNO_INDARTI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemenuhan kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas merupakan salah satu hak dari penyandang disabilitas yang harus dipenuhi yang sudah diatur dalam Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Masih banyak perusahaan-perusahaan yang menolak mempekerjakan penyandang disabilitas karena menganggap penyandang disabilitas adalah orang yang tidak memiliki kemampuan dan keterampilan. Berbeda halnya dengan PT. Samwon Busana Indonesia, di perusahaan ini telah mempekerjakan tenaga kerja penyandang disabilitas sebanyak 14 karyawan penyandang disabilitas dari jumlah seluruh karyawan 1317 orang. Akan tetapi, bentuk pemberian perlindungan hukum terhadap hak tenaga kerja penyandang disabilitas masih kurang optimal. Seperti halnya aksesibilitas khusus untuk tenaga kerja penyandang disabilitas di PT. Samwon Busana Indonesia belum terpenuhi secara optimal.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitianhukum kualitatif dengan pendekatan yuridis-empiris yang bersifat non doktinal. Adapun sumber data berasal dari data primer yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi, serta data sekunder yang berupa bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Adapun metode pengujian validitas data yang digunakan adalah teknik triangulasi, yang selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan metode deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, PT. Samwon Busana Indonesia telah mematuhi peraturan perundang-undangan dengan memberikan kesempatan kerja yang sama bagi penyandang disabilitas dengan adil tanpa adanya tindakan diskriminasi kepada penyandang disabilitas. Pemerintah Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi juga memberikan pengadaan pelatihan kerja kepada penyandang disabilitas untuk meningkatkan keterampilan dari penyandang disabilitas akan tetapi masih terdapat kelemahan dalam pelaksanaannya yaitu kurangnya infrastruktuktur. Kedua, Perlindungan hukum yang diberikan PT. Samwon Busana Indonesia kepada penyandang disabilitas sudah sesuai dengan Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Undang-Undang No. 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas dengan memberikan perlindungan dan menempatkan tenaga kerja penyandang disabilitas sesuai dengan derajat kecacatannya. Akan tetapi, aksesibilitas dan akomodasi di PT. Samwon Busana Indonesia belum terpenuhi secara optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kesempatan Kerja, Perlindungan Hukum, Penyandang Disabilitas
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 17 Jun 2021 03:24
Last Modified: 17 Jun 2021 04:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13191

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics