Analisis terhadap struktur perjanjian pembiayaan di Koperasi cahaya berkah Kendal

Alfiyani, Fina (2020) Analisis terhadap struktur perjanjian pembiayaan di Koperasi cahaya berkah Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602056069_FINA_ALFIYANI]
Preview
Text (SKRIPSI_1602056069_FINA_ALFIYANI)
SKRIPSI_1602056069_FINA_ALFIYANI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena koperasi merupakan kegiatan usaha yang berbadan hukum yang melakukan mobilisasi dari masyarakat dan menyalurkannya dalam berbagai bentuk, seperti pinjaman dana kepada masyarakat yang membutuhkan atau pembiayaan. Dalam praktek pembiayaan tersebut pasti adanya sebuah perjanjian antara kedua belah pihak, dalam mengadakan perjanjian tentunya harus memenuhi ketentuan-ketentuan yang terdapat dalam Undang-Undang, namun di Koperasi Cahaya Berkah Kendal pada perjanjian pembiayaannya tidak sepenuhnya sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang, yakni Pasal 1320 Ayat (1) dan (3) Kitab Undang-Undang Hukum Perdata mengenai syarat sah sebuah perjanjian, Pasal 22 Huruf a dan d Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah mengenai rukun dan syarat akad, dan Pasal 18 Ayat (1) Huruf f dan g mengenai ketentuan pencantuman klausul baku.
Fokus penelitian dalam penulisan skripsi adalah bagaimana struktur perjanjian pembiayaan di Koperasi Cahaya Berkah Kendal dan bagaimana akibat hukum terhadap struktur perjanjian pembiayaan di Koperasi Cahaya Berkah Kendal.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode yuridis normatif, yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder sebagai bahan dasar untuk diteliti dengan cara mengadakan penelusuran terhadap peraturan perundang-undangan dan buku-buku yang berkaitan dengan perjanjian pembiayaan dengan adanya hasil wawancara langsung dengan ketua dan petugas (marketing) Koperasi Cahaya Berkah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perjanjian pembiayaan pada Koperasi Cahaya Berkah menggunakan perjanjian baku yang bersifat sepihak dan sudah disediakan oleh pihak koperasi dan tidak dapat dilakukan tawar menawar terlebih dahulu oleh debitur, dan dalam perjanjian tersebut terdapat klausul yang tidak sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang yang mengakibatkan perjanjian batal demi hukum yang dianggap tidak pernah ada dan tidak mengikat para pihak.
Kata Kunci: Akibat Hukum Perjanjian, Perjanjian Pembiayaan, Struktur Perjanjian

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: : Akibat Hukum Perjanjian, Perjanjian Pembiayaan, Struktur Perjanjian
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 17 Jun 2021 04:18
Last Modified: 17 Jun 2021 04:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13193

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics