Analisis penyelesaian pembiayaan bermasalah pada unit recovery dan remedial di Bank BNI Syariah Kantor Cabang Semarang

Oktaviyani, Siska (2020) Analisis penyelesaian pembiayaan bermasalah pada unit recovery dan remedial di Bank BNI Syariah Kantor Cabang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1505036030_SISKA_OKTAVIYANI]
Preview
Text (SKRIPSI_1505036030_SISKA_OKTAVIYANI)
SKRIPSI_1505036030_SISKA_OKTAVIYANI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis pembiayaan bermasalah yang terjadi di BNI Syariah Kantor Cabang Semarang, apa faktor-faktor penyebabnya dan juga bagaimana penyelesaian pembiayaan bermasalah yang dilakukan oleh unit recovery dan remedial di BNI Syariah Kantor Cabang Semarang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan mengambil objek penelitian di BNI Syariah Kantor Cabang Semarang. Sumber data terdiri dari data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data dengan menggunakan metode analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Jenis pembiayaan bermasalah yang terjadi di BNI Syariah Kantor Cabang Semarang lebih banyak terjadi pada pembiayaan konsumtif dengan prosentase 3,5 % dengan nominal 13,9 M dan prosentase pembiayaaan produktif lebih rendah sebesar 0,60 % dengan nominal 927 juta. Faktor-faktor penyebab pembiayaan bermasalah yang terjadi di BNI Syariah Kantor Cabang Semarang diantaranya : adanya kebutuhan nasabah yang tidak terduga, nasabah yang mengalami PHK, usaha nasabah yang mengalami penurunan, pengeluaran nasabah bertambah sedangkan penghasilannya tetap dan juga faktor dari kurang telitinya bank dalam penyaluran pembiayaan. Penyelesaian pembiayaan bermasalah yang dilakukan unit recovery dan remedial BNI Syariah Kantor Cabang Semarang dilakukan melalui upaya Financing Collection, Compromised Settlement yang berupa Restrukturisasi Pembiayaan dan pengambilalihan angunan. Restrukturisasi pembiayaan terdiri atas penjadwalan kembali (rescheduling), Persyaratan kembali (reconditioning) dan Penataan kembali (restructuring). Dan juga write off.
.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penyelesaian pembiayaan Bermasalah, Restrukturisasi, faktor penyebab pembiayaan bermasalah.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 19 Jun 2021 02:00
Last Modified: 19 Jun 2021 02:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13206

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics