Praktik pembacaan Hizb Sakran di Pondok Pesantren al-Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes : analisis resepsi fungsional Al-Qur’an

Zaman, M. Badruz (2020) Praktik pembacaan Hizb Sakran di Pondok Pesantren al-Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes : analisis resepsi fungsional Al-Qur’an. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1604026068_M._BADRUZ_ZAMAN]
Preview
Text (SKRIPSI_1604026068_M._BADRUZ_ZAMAN)
1604026068 M. Badruz Zaman Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang praktik pembacaan Hizb Sakran. Pada masyarakat muslim, Hizb merupakan sekumpulan doa yang dibaca berdasarkan waktu tertentu dan biasanya melalui ijazah dari guru atau mursyidnya. Praktik pembacaan Hizbsudah banyak dilakukan di kalangan Pondok Pesantren. Tidak terkecuali yang ada di Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes. Praktik pembacaan Hizb Sakran ini kemudian melahirkan berbagai respon dan pemaknaan di antara para santri, terlebih lagi Hizb Sakran di dalamnya memuat surat al-Fātiḥah dan Āyat al-Kursī yang menarik untuk dikaji lebih dalam terkait resepsi al-Quran sehingga kajian ini masuk dalam ranah Living Qur’an.
Penelitian ini akan diulas dalam bentuk deskriptif. Agar apa yang dibahas tidak kabur dan fokus dengan objek penelitian, maka peneliti mengangkat rumusan masalah dalam penulisan penelitian ini yakni a) Bagaimana pandangan Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes mengenai Hizb Sakran? b) Apa motivasi pembacaan Hizb Sakran di Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes? c) Bagaimana praktik pembacaan Hizb Sakran di Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes?
Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori resepsi fungsional al-Qur’an yang masuk pada kajia Living Qur’an. Metode ini digunakan dengan tujuan untuk mengungkap praktik pembacaan Hizb Sakran yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes. Adapun dalam mengamati segala kejadian di lapangan, peneliti menggunakan pendekatan fenomenologis yaitu dengan cara melihat suatu fenomena dengan apa adanya. Untuk memperoleh data di lapangan, ada beberapa teknik yang digunakan oleh peneliti, seperti observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Sedangkan analisis yang dipakai dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu analisis yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan suatu situasi tertentu yang bersifat formal secara sistematis dan akurat.
Hasil dari penelitian yang dilakukan di Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes adalah Hizb Sakran yang dibaca oleh para santri dilaksanakan setiap malam setelah salat Isya berjamaah, kegiatan ini dilakukan secara bersama berdasarkan jenis kelamin santri. Adapun pandangan yang lahir dari pembacaan Hizb Sakran ini adalah sebagai benteng perlindungan batin. Motivasi dari praktik ini adalah media untuk zikir kepada Allah, dan ketenangan jiwa, perantara terkabulnya doa dan obat penawar, serta pertolongan dari siksa kubur. Praktik pembacaan Hizb Sakran merupakan salah satu bentuk pembuktian kebenaran al-Qur’an dilihat dari logika pragmatis, selain itu praktik ini sebagai perekat hubungan persaudaraan. Sebab praktik ini dilakukan secara bersama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hizb Sakran; Resepsi Fungsional; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 02 Sep 2021 09:00
Last Modified: 13 Nov 2021 04:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13208

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics