Praktik dzikir al ma’tsurat karya Hasan al-Banna di Wisma Qolbun Salim BPI, Ngaliyan, Semarang : kajian living Hadis

Aulia, Lulu Nur (2020) Praktik dzikir al ma’tsurat karya Hasan al-Banna di Wisma Qolbun Salim BPI, Ngaliyan, Semarang : kajian living Hadis. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1604026073_LULU_NUR_AULIA]
Preview
Text (SKRIPSI_1604026073_LULU_NUR_AULIA)
1604026073_LULU NUR AULIA_FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam Era Milenial seperti ini, tidak sedikit dari umat diseluruh dunia menggantungkan hidupnya dengan lebih banyak mengurusi media sosial. Hal yang sangat miris, namun ini lah yang memang sedang terjadi di zaman sekarang. Manusia lebih banyak menghabiskan waktunya dengan gedjet dibanding dengan mengkaji Al-Qur’an, Hadis Maupun berdzikir untuk pendekatan diri kepada Allah. Melihat semua ini, penulis melakukan sebuah penelitian living hadis untuk mengetahui aspek-aspek yang seperti apa yang biasa masyarakat lakukan untuk menghidupkan hadis dalam kegiatan sehari-hari. Hadis yang merupakan sumber hukum islam kedua, sudah tentu banyak sekali perintah-perintah yang ada didalamnya yang sangat dianjurkan, seperti anjuran dzikir. Dalam penelitian ini, penulis memilih Wisma Qolbun Salim, dengan kebiasaannya melakukan pembacan Dzikir Al-Ma’tsurat setiap pagi dan petang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang pembacaan rutinan di Wisma Qolbun Salim, bagaimana pelaksanaannya, juga bagaimana bagi mahasiswa Wisma Qolbun Salim. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar Wisma Qolbun Salim Bpi Ngaliyan, Semarang. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode pengumpulan data dengan metode observasi untuk pengambilan data pokok, dengan ditunjang dengan metode wawancara dan dokumentasi. Serta dengan metode deskriptif analisis.
Penelitian ini menggunakan kajian living hadis dikarenakan pada praktek dzikir Al-Ma’tsurat ini pembina menggunakan landasan dasar dari suatu hadis Abu Daud yang berbunyi:
حدّثنا محمّد بن المثنى حدثني عبد السلام يعني ابن مطهر أبو ظفر حدّثنا موسى بن حلف العمىّ عن قتادة عن أنس بن ملك قال : قال رسولالله ص م لان أقعد مع قوم يذكرون الله تعالى من صلاة الغداة حتى تطلع الشمس احب الي من أن أعتق أربعة من ولد اسمعيل ولان اقعد مع قوم يذكرون الله من صلاة العصر الى ان تغرب الشمس احب الي من اعتق اربعة.
Dzikir Al-Ma’tsurat merupakan Dzikir dan Doa pagi petang. Dengan membacanya, pembaca akan dapat perlindungan di sepanjang siang ketika membaca di pagi hari, dan perlindungan sepanjang malam jika dibaca dimalam hari. Begitu yang diyakini para penghuni Wisma Qolbun Salim. Jiwa akan lebih tenang, juga akan lebih semangat menjalani hari-harinya. Itu merupakan beberapa makna yang dirasakan oleh pembaca. Makna lain dari pembacaan dzikir ini merupakan sebagai kebutuhan. Jia ada hari dimana si pembaca tidak membaca dzikir seperti biasanya, maka bagi mereka hari yang di lalui akan berbeda seperti hari biasa mereka membacanya.
Kegiatan ini merupakan kegiatan rutinan yang sangat di anjurkan di wisma qolbun salim. Dan semua yang penulis peroleh merupakan hasil dari pengamatan yang sebenar-benarnya terjadi dilapangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Zikir; Wirid; Dzikir al Ma'tsurat; Hasan al Bana; Living Hadits
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.125 Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 06 Sep 2021 05:23
Last Modified: 13 Nov 2021 02:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13216

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics