Efektivitas strategi fundraising wakaf uang berbasis digital banking pada program wakaf hasanah BNI Syariah

Muna, Fitrotul (2020) Efektivitas strategi fundraising wakaf uang berbasis digital banking pada program wakaf hasanah BNI Syariah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1505036099_FITROTUL_MUNA]
Preview
Text (SKRIPSI_1505036099_FITROTUL_MUNA)
SKRIPSI_1505036099_FITROTUL_MUNA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Agar tetap relevan dengan perkembangan teknologi dan informasi, industri perbankan mengembangkan kapabilitasnya dalam aspek digital banking. Adanya perkembangan tersebut turut berkontribusi membantu pengelolaan wakaf uang. Sebagai salah satu bank syariah yang menerima mandat dari Menteri Agama untuk menjadi LKS-PWU, BNI Syariah berupaya memberikan layanan terbaik bagi masyarakat dalam program Wakaf Hasanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas fundraising wakaf uang berbasis digital banking pada program Wakaf Hasanah BNI Syariah. penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan, observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dari penelitian ini dapat menunjukkan bahwa pada tahun 2015 diperoleh persentase perolehan dengan target program Wakaf Hasanah sebesar 0%. Persentasi 0 % pada tahun 2015 disebabkan pada tahun tersebut belum ada target yang spesifik. Namun jika pada tahun 2015 perolehan wakaf dipersentasekan dengan target tahun setelahnya diperoleh persentase sebesar 0,25%. Pada tahun 2016 sebesar 3,8%, tahun 2017 sebesar 13%, dan tahun 2018 sebesar 18%. Dari persentase target dengan perolehan wakaf uang tersebut menunjukkan hasil yang tidak efektif. Faktor yang mempengaruhinya karena selain lembaga mematok target yang cukup tinggi, kurangnya edukasi masyarakat mengenai wakaf uang, kurangnya sosialisasi program, kurangnya promosi, dan kurangnya pengetahuan staff BNI Syariah terhadap program Wakaf Hasanah turut melatarbelakangi kurang optimalnya strategi fundraising yang diterapkan. Selanjutnya program Wakaf Hasanah berbasis digital dapat dikatakan efektif melalui analisis before-after. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya jumlah perolehan dan presentase sebelum adanya Wakaf Hasanah sebesar 0% atau 0,25% dan mengalami kenaikan yang cukup signifikan sebesar 10% setelah adanya program Wakaf Hasanah. Program Wakaf Hasanah juga dapat dikatakan efektif dari segi progresivitas. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan jumlah perolehan Wakaf hasanah yang mengalami kenaikan dari tahun ke tahun sejak diluncurkan program tersebut. Pada tahun 2015 perolehan Wakaf Hasanah sebesar Rp.250 Juta, kemudian tahun 2016 sebesar Rp.1,9 M, selanjutnya tahun 2017 Rp.6,5 M dan tahun 2018 Rp.6,6 M. Dengan adanya transparansi data keuangan wakaf, profesionalisme lembaga dan amanah dalam menjalankan tugasnya menjadikan wakif memiliki kepercayaan kepada lembaga sehingga terbentuk opini positif yang mendukung kinerja lembaga dan nadzir.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Digital Banking; Efektivitas, Strategi Fundraising, Wakaf Hasanah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 19 Jun 2021 02:52
Last Modified: 19 Jun 2021 02:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13224

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics