Pengaruh kinerja lingkungan dan biaya lingkungan terhadap kinerja keuangan dengan good corporate governance sebagai variabel moderasi (studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2016-2018)

Miladiasari, Miladiasari (2020) Pengaruh kinerja lingkungan dan biaya lingkungan terhadap kinerja keuangan dengan good corporate governance sebagai variabel moderasi (studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2016-2018). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605046081_Miladiasari_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1605046081_Miladiasari_lengkap)
1605046081_Miladiasari_Full Skripsi - Miladiasari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja lingkungan dan biaya lingkungan terhadap kinerja keuangan dengan good corporate governance sebagai variabel moderasi. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kinerja lingkungan dan biaya lingkungan. Dalam penelitian ini kinerja lingkungan diukur menggunakan PROPER. Biaya lingkungan diukur menggunakan perbandingan antara biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk keperluan CSRnya dengan laba bersih perusahaan. Untuk variabel dependen dalam penelitian ini adalah kinerja keuangan, kinerja keuangan dalam penelitian ini diukur dengan ROA. Good corporate governance dalam penelitian ini diukur menggunakan ukuran dewan komisaris independen. Penelitian ini dilakukan dengan metode dokumentasi dengan menggunakan data dari www.idx.co.id dan juga menggunakan data dari http://www.menlhk.go.id. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan aplikasi WarpPLS 4.0. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja lingkungan dan biaya lingkungan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan. Untuk good corporate governance tidak memoderasi pengaruh kinerja lingkungan terhadap kinerja keuangan. Sedangkan good corporate governance mampu memoderasi pengaruh biaya lingkungan terhadap kinerja keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kinerja lingkungan; Biaya lingkungan; Kinerja keuangan; Good corporate governance
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 07 Sep 2021 07:19
Last Modified: 02 Oct 2021 02:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13236

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics