Pengaruh sosial, pribadi, dan psikologis terhadap keputusan menabung di BPRS Mitra Harmoni Semarang

Pratiwi, Cindy Ega (2020) Pengaruh sosial, pribadi, dan psikologis terhadap keputusan menabung di BPRS Mitra Harmoni Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1605036004_CINDY_EGA_PRATIWI]
Preview
Text (SKRIPSI_1605036004_CINDY_EGA_PRATIWI)
SKRIPSI_1605036004_CINDY_EGA_PRATIWI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perekonomian saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, banyak lembaga keuangan yang saling bersaing agar dapat mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih suatu lembaga yang digunakan sebagai sirkulasi dana mereka khususnya menabung. Jika dilihat dari kondisi yang terjadi nasabah memutuskan untuk menabung khususnya di BPRS Mitra Harmoni Semarang karena adanya faktor sosial yang mempengaruhinya dimana mereka mendapatkan rekomendasi dari pihak keluarga maupun dari lingkungan sekitarnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui beberapa faktor penting yang dapat mempengaruhi keputusan menabung diantaranya faktor sosial, pribadi dan psikologis. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait “ Pengaruh Sosial, Pribadi dan Psikologis terhadap Keputusan Menabung di BPRS Mitra Harmoni Semarang”. Dengan harapan setelah penelitian ini dilakukan dapat menambah pengetahuan dan edukasi bagi beberapa pihak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara responden melakukan pengisian kuesioner. Sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik incidental dan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin karena jumlah respondennya sudah diketahui. Jumlah respondennya sebanyak 84 orang. Dan teknik analisis data yang dgunakan adalah teknik deskriptif statistik, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji determinasi, uji parsial dan uji simultan.
Berdasarkan hasil uji pada penelitian diatas, uji f test menunjukkan bahwa variabel sosial, pribadi dan psikologis berpengaruh secara simultan terhadap keputusan menabung di BPRS Mitra Harmoni Semarang. Sedangkan hasil uji t menunjukkan bahwa variabel sosial dan pribadi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung di BPRS Mitra Harmoni Semarang. Dan untuk variabel psikologis berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan menabung di BPRS Mitra Harmoni Semarang nilai thitung <ttabel dengan nilai 1,612<1,990 dan nilai signifikansinya sebesar 0,111>0,05. Jadi hasil dari penelitian tersebut secara keseluruhan variabel independen (sosial, pribadi dan psikologis) mempunyai pengaruh terhadap variabel dependen (keputusan menabung), tetapi ada variabel lain yang mempengaruhinya yang tidak tertera dalam penelitian tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sosial; Pribadi; Psikologis dan Keputusan Menabung
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 19 Jun 2021 04:14
Last Modified: 19 Jun 2021 04:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13250

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics