Analisis ketidakpatuhan wajib pajak bumi dan bangunan berdasarkan realisasi penerimaan pajak bumi dan bangunan sektor perdesaan dan perkotaan (PBB-P2) pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pati : studi kasus di Desa Badegan Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati

Fauziah, Nila (2020) Analisis ketidakpatuhan wajib pajak bumi dan bangunan berdasarkan realisasi penerimaan pajak bumi dan bangunan sektor perdesaan dan perkotaan (PBB-P2) pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pati : studi kasus di Desa Badegan Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605046072_Nila Fauziah_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1605046072_Nila Fauziah_lengkap)
1605046072_NILA FAUZIAH_Lengkap Tugas Akhir - Nila Fauzi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab ketidakpatuhan wajib pajak bumi dan bangunan dalam membayar pajak bumi dan bangunan di Desa Badegan, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati. Ketidakpatuhan wajib pajak merupakan suatu perilaku yang terdapat dalam diri wajib pajak berupa penyimpangan atau penyelewengan yang secara sengaja dilakukan oleh wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, sedangkan wajib pajak adalah seseorang atau badan yang memiliki hak dan kewajiban, yang harus dipenuhi dan dilindungi oleh pemerintah melalui undang-undang.
Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan fenomenologikal, dimana suatu penelitian diarahkan untuk menghimpun data, mengambil makna, dan memperoleh pemahaman dari satu kesatuan sistem berupa program, kegiatan, peristiwa, atau sekelompok individu yang terikat oleh tempat, waktu, maupun ikatan tertentu, serta merujuk kepada pandangan ilmu sosial yang menempatkan kesadaran manusia dan makna subjektifnya sebagai fokus untuk memahami tindakan sosial. Data yang dipaparkan dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh secara langsung dari proses observasi, wawancara, serta dokumentasi dan data sekunder yang diperoleh dari laporan realisasi PBB-P2 dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pati.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ketidakpatuhan pada wajib pajak bumi dan bangunan dalam membayar PBB-P2 di Desa Badegan dipengaruhi oleh faktor-faktor yang dominan, yaitu kesadaran wajib pajak, pengetahuan dan pemahaman wajib pajak, sifat iri (religiusitas) wajib pajak, peranan Kepala Desa, sistem bayar pajak online, kesalahpahaman dan koordinasi antar instansi, status kepemilikan tanah, dan migrasi penduduk. Dari beberapa kasus ketidakpatuhan yang muncul, adanya peran dari Kepala Desa ternyata memiliki pengaruh cukup tinggi sebagai penyebab timbulnya ketidakpatuhan wajib pajak PBB-P2 di Desa Badegan. Selain itu, tingkat kesadaran masyarakat terhadap kewajibannya dalam membayar PBB-P2 juga berpengaruh dalam meningkatkan realisasi penerimaan PBB-P2, agar ketidakpatuhan yang telah ada dapat diminimalisir dengan baik. Untuk faktor yang menjadi penyebab ketidakpatuhan wajib pajak dalam membayar PBB-P2 di Desa Badegan tersebut terdiri dari beberapa faktor yang tercakup dalam faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ketidakpatuhan; Wajib pajak; Pajak Bumi dan Bangunan (PBB); PBB-P2; BPKAD
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:34
Last Modified: 09 Sep 2021 04:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13254

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics